Berita Gresik

Pembunuhan Tetangga di Gresik, Dituding Salah Terapkan Pasal, Jaksa Ngotot Tuntut Terdakwa 8 Tahun

Sidang pembunuhan terhadap tetangga digelar di Pengadilan Negeri Gresik, Selasa (3/7/2018).

Pembunuhan Tetangga di Gresik, Dituding Salah Terapkan Pasal, Jaksa Ngotot Tuntut Terdakwa 8 Tahun
surya/sugiyono
DITAHAN – Terdakwa Muhammad Choirul alias Maman alias Gugung kembali ditahan usai menjalani sidang di PN Gresik, Selasa (3/7/2018). 

SURYA.co.id  | GRESIK –  Sidang pembunuhan terhadap tetangga digelar di Pengadilan Negeri Gresik, Selasa (3/7/2018).

Dalam sidang dengan agenda pembacaan pleidoi alias mejelis hakim PN Gresik dipimpin Lia Herawati dan jaksa penuntut umum (JPU) Diecky.

Sedang  terdakwanya Muhammad Choirul alias Maman alias Gugung  (40).

Penasihat hukum terdakwa, Wellem Mintarja,  dalam pembelaannya menilai jaksa salah  dalam menentukan pasal tuntutan terhadap kliennya.

Wellem menguraikan  bahwa terdakwa dalam persidangan mengatakan korban sempat mengijinkan datang ke rumah korban. Dan tidak ada kekerasan dalam pertemuan awal dengan korban.

“Terdakwa juga tidak mengetahui kalau korban telah meninggal dunia di pagi harinya, sehingga seharusnya dakwaan jaksa penuntut umum itu menganai kealpaan yang menyebabkan meninggalnya seseorang sesuai dengan pasal 359 KUHP,” kata Wellem.

Atas uraian tersebut meminta kepada jaksa untuk mencabut Pasal 365 (3) KUHP yang digunakan menutut terdakwa hukuman 8 penjara.

“Menurut kami yang diterapkan jaksa penuntut umum telah salah dalam penerapannya, sebab secara teori gramatikal unsur Pasal 365 Ayat 3 belum terpenuhi,” imbuhnya.

Namun, atas pembelaan  itu, jaksa tetap bersikukuh dengan tuntutan awal. “Tetap pada tuntutan yang mulia,” kata Diecky.

Terdakwa Muhammad Choirulwarga  Jl Sindujoyo Gg XVIII/85 RT 03 RW 01, Kelurahan Lumpur, Kecamatan/Kabupaten Gresik  dituntut 8 penjara oleh JPU Diecky.

Dalam dakwaan jaksa diuraikan bahwa Muhammad Choirul melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Mar'atus Sholihah (37) yang masih tetangganya  dilakukan pada Desember 2017.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved