Pilpres 2019

Habib Rizieq dan Kapolri Tito Karnavian Masuk Bursa Capres Populer Versi Survei Puspek Fisip Unair

Nama Habib Rizieq Shihab dan Kapolri Tito Karnavian masuk dalam bursa capres populer menurut survey Puspek Fisip Unair. Siapa lainnya?

Habib Rizieq dan Kapolri Tito Karnavian Masuk Bursa Capres Populer Versi Survei Puspek Fisip Unair
surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Rizieq Shihab ceramah di hadapan para jamaah yang hadir di masjid agung Sunan Ampel, Surabaya, Selasa (11/4/2017) silam 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pada survei Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (PUSPEK) FISIP Universitas Airlangga ada beberapa temuan menarik, Selasa (3/7/2018). Untuk diketahui, survei ini memotret arah pemilih Islam jelang pemilu 2019 mendatang.

Di antaranya, adanya temuan mengenai masuknya beberapa nama baru yang cukup populer.

Di antaranya, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang juga bos media besar, Hary Tanoesoedibjo (HT) sebagai kandidat capres.

Kemudian Habib Rizieq Shihab serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Dari tingkat popularitas, Habib Rizieq berhasil meraih 7,6 persen dengan popularitas pertanyaan terbuka. Sementara, untuk popularitas tertutup, Habib Rizieq memperoleh 51,9 persen.

Pada populeritas tertutup, Habib Rizieq berada di bawah Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Mahfud MD (54,1 persen) dan di atas Walikota Bandung (Ridwan Kamil).

Sementara Tito memperoleh 5,1 persen untuk popularitas dengan pertanyaan terbuka dan 37,2 persen untuk pertanyaan tertutup. Pada pertanyaan terbuka, Tito sedikit di atas Gubernur Jawa Barat saat ini, Ahmad Heryawan (5,0 persen).

Namun, apabila dari sisi elektabilitas, kedua figur ini masih kalah dengan HT. Bahkan, kedua nama ini tak tercantum dalam daftar 9 nama dengan elektabilitas tertinggi versi survei ini.

HT berhasil berada di peringkat ketujuh dengan persentase elektabilitas sebesar satu persen. HT memiliki angka sama dengan Mahfud MD dan sedikit di atas elektabilitas Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tak hanya untuk Capres, nama HT bahkan masuk dalam bursa cawapres dengan akseptabilitas sebesar 5,7 persen.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved