Persona

Sylvi Panggawean: Belasan Tahun Geluti Balet, Berobsesi Buat Performing Art dari Cerita Rakyat

Balet gerakan yang tak mudah dilakukan dan butuh keuletan serta ketekunan.

Sylvi Panggawean: Belasan Tahun Geluti Balet, Berobsesi Buat Performing Art dari Cerita Rakyat
surya/habibur rohman
Sylvi Panggawean 

SURYA.co.id | SURABAYA - Balet adalah dasar dari semua gerakan tari. Balet gerakan yang tak mudah dilakukan dan butuh keuletan serta ketekunan. Itu yang membuat Sylvi Panggawean memilih menggeluti balet puluhan tahun dan kemudian mendirikan Premiere School of Ballet, yang jadi salah satu pusat pendidikan balet di Surabaya.

Perempuan asli Surabaya pada 9 Januari 1971 ini bertutur, dia memang berasal dari keluarga praktisi balet dan dansa. Orangtuanya, Ferry Panggawean dan Tintin Sunarti selalu menekankan pentingnya belajar balet bagi anak-anaknya, tak terkecuali pada Sylvi.

Tak heran, kedua kakaknya terjun ke balet sejak kecil. Begitu pula Sylvi yang saat itu baru berusia lima tahun.

“Awalnya saya hanya belajar karena orangtua. Namun di kemudian hari saya berpikir, ternyata tak mudah menggeluti balet ini. Olahraga ini juga termasuk sulit, sehingga saya tertantang menekuni total balet,” paparnya, Sabtu (29/6/2018).

Sejak itu, dia lalu belajar balet di Sanggar Dewi Balet milik pengajar balet terkemuka di Surabaya, Dewi Rani.

Di sanggar itu, dia belajar balet seminggu sekali. Kemudian ditambah dengan gemblengan ibunya, praktis setiap hari dia harus berlatih balet.

Dia mengaku, gemblengan balet tiap hari itu membuatnya capai. Namun di sisi lain, apa yang dilakukan ibunya itu sangat berguna untuk menyempurnakan kemampuan baletnya, dan saat mengajar di sanggar balet miliknya.

“Apa yang dilakukan ibu saya sebenarnya bagian dari kebiasaan dan disiplin berlatih. Ini yang jadi pola saya dalam mendidik murid-murid balet,” terangnya.

Belajar balet sejak kecil membuat kemampuannya terasah. Sylvi kemudian sering ikut lomba balet internal dan performing art di beberapa kota, seperti Solo dan Semarang.

Matang pada teknik dan kemampuan balet, sejak duduk di bangku SMA, dia mulai membantu Dewi Rani mengajar balet di sanggar Dewi Balet.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help