Berita Bangkalan Madura

Kisah Ambulans Tua Milik Warga Desa di Bangkalan. Mesin Tua Tapi Bikin Bangga

Meski mesinnya sudah tua dan kerap ngadat, tetapi ambulans milik desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan, Madura, bikin warga sekitar bangga.

Kisah Ambulans Tua Milik Warga Desa di Bangkalan. Mesin Tua Tapi Bikin Bangga
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Sopir Ambulan Desa Ujung Piring, Rahmat Subagio tengah membersihkan debu di bagian kaca depan di garasi balai desa setempat, Minggu (1/7/2018). 

Daihatsu Carry tahun 1992 disulap menjadi mobil ambulan desa. Meski serba 'minimalis', namun keberadaan ambulan ini mampu menjawab kebutuhan warga Desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, selama ini.

SURYA.co.id | BANGKALAN - Asap putih langsung menyembul dari lubang knalpot ketika Rahmat Subagio (52menyalakan mobil ambulan di garasi Balai Desa Ujung Piring, Minggu (1/7/2018).

Deru mesinnya terdengar berat. Tidak selangsam mobil-mobil ambulan kebanyakan. Maklum, mobil bernopol M 1912 HE dengan tulisan 'Ambulan Desa Ujung Piring' itu sudah berusia 26 tahun.

Kendati demikian, Rahmat tetap sepenuh hati merawat dan memanasi mesin mobil. Ia pula yang bersiaga ketika sewaktu - waktu warga membutuhkan ambulan.

"Mesin rutin dua hari sekali dipanasi, biar aki tetap normal. Ketika dibutuhkan warga, mobil langsung tancap gas," ungkap Rahmat kepada Surya.

Ia menjelaskan, permasalahan yang sering menimpa mobil itu terletak pada mesin yang kondisinya tidak stabil. Selain itu, kerja transmisi juga sering bermasalah.

"Pernah suatu ketika mobil ngadat, tidak mau nyala saat dikontak. Panik juga karena ditunggu seorang warga yang sakit," pungkasnya sambil mengelap bagian kaca depan ambulan.

Ambulan itu baru delapan bulan melayani masyarakat Desa Ujung Piring. Meski tanpa dilengkapi bunyi rotator, namun warga sudah akrab mengenali suara khas dari klakson mobil.

Mobil jenis itu biasanya digunakan sebagai angkutan umum dalam kota. Namun setelah dijadikan ambulan, kursi penumpang di bagian tengah dan belakang dibongkar.

Tidak tersedia fasilitas medis seperti alas dan tandu untuk pasien layaknya ambulan milik puskesmas atau rumah sakit. Apalagi peralatan darurat medis di dalamnya, tidak tersedia.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help