Berita Mojokerto

BBKSDA Akan Buat Posko Penyerahan Ikan Arapaima di Sungai Brantas Mojokerto dan Sidoarjo

BBKSDA Jatim akan membangun posko sehingga warga yang menemukan ikan arapaima dapat menyerahkannya ke mereka.

BBKSDA Akan Buat Posko Penyerahan Ikan Arapaima di Sungai Brantas Mojokerto dan Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Warga saat menemukan ikan Arapaima di sungai Brantas 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur bakal membuat posko untuk menampung ikan Arapaima yang ditemukan warga di sekitar Sungai Brantas di Sidoarjo ataupun di Rolag 9, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Abdul Khalim, Kepala Resort Konservasi Wilayah Mojokerto-Sidoarjo BBKSDA Jatim menjelaskan, rencananya posko tersebut mulai dibuat hari ini ,Minggu (1/7/2018).

"Posko akan dipusatkan di Balai Desa Mliriprowo lantaran banyak penemuan ikan Arapaima di Sidoarjo," ujarnya.

Menurut dia, nantinya posko ini difokuskan apabila warga menemukan ikan Arapaima di sungai Brantas. Jadi pihaknya meminta kerjasama masyarakat supaya dengan sukarela menyerahkan ikan Arapaima kepada petugas Balai Karangtina Ikan Perak Surabaya.

"Petugas dari BBKSDA dan instansi terkait akan standby secara fleksibel jika ada penemuan ikan Arapaima oleh masyarakat," ungkapnya.

Baca: Jumlah Ikan Arapaima yang Dilepas ke Sungai Brantas Masih Simpang Siur

Baca: BBKSDA Jatim Minta Pemilik Ikan Arapaima agar Menyerahkan Ikan Itu ke Balai Karantina

Kata Khalim, terkait kompensasi jika ada yang menemukan ikan Arapaima dan menyerahkan pada petugas, biasanya akan ada pemberian uang senilai harga daging ikan Arapaima senilai Rp 20.000.

"Untuk kompensasi kami belum dapat memastikan namun biasanya saat kemarin ada yang menemukan kepala desa memberikan uang Rp 100 ribu ke warga sebagai penggantinya," jelasnya.

Selain itu, petugas BBKSDA juga akan mengedukasi untuk mengurangi kekhawatiran warga terhadap keberadaan ikan Arapaima di sungai Brantas yang berpotensi menganggu ekosistem ikan lokal.

"Nantinya kalau ada posko BBKSDA akan ikut mengawal dan kerjasama dengan pihak terkait seperti Balai Karangtina Ikan dan Dinas Perikanan setempat," imbuhnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help