Pilkada 2018

Gus Ipul Serahkan Evaluasi Kerja Mesin Parpol kepada Pimpinan Partai Koalisi

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf menyebut akan melakukan evaluasi di seluruh tahapan pemilihan gubernur.

Gus Ipul Serahkan Evaluasi Kerja Mesin Parpol kepada Pimpinan Partai Koalisi
surya/sugiharto
Gus Ipul didampingi Halim Iskandar menanggapi pertanyaan wartawan terkait hasil Pilgub Jatim 2018. 

SURYA.co.id, SURABAYA – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf menyebut akan melakukan evaluasi di seluruh tahapan pemilihan gubernur. Bukan hanya dengan meneliti berbagai temuan beberapa potensi kecurangan eksternal, Gus Ipul juga akan mengevaluasi internal timnya.

Khususnya, seluruh relawan maupun tim pemenangan, termasuk mesin partai politik.

Namun, khusus untuk parpol, kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini akan menyerahkan seluruh mekanismenya kepada masing-masing pimpinan partai koalisi.

”Soal evaluasi mesin partai kami serahkan kepada masing-masing ketua partai. Masing-masing parpol tentu telah memiliki beberapa catatan penting yang bisa menjadi bahan evaluasi,” ujar pria yang akrab disapa Gus Ipul saat memberikan keterangan di posko pemenangan di kawasan Gayungsari, Jumat (29/6/2018).

Sekalipun pihaknya menuai kekalahan di pilgub kali ini, mantan Anggota DPR RI ini tetap mengapresiasi seluruh kerja mesin parpol yang telah banyak berkontribusi terhadapnya.

Termasuk, dengan turunnya para fungsionaris partai dari tataran elite yang ikut menjadi juru kampanye pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti beberapa waktu lalu.

Mulai dari Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa/PKB), Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan/PDIP), Sohibul Iman (Presiden Partai Keadilan Sejahtera/PKS), hingga Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya/Gerindra).

”Kami berterima kasih kepada seluruh relawan maupun tim, termasuk pimpinan partai yang telah berkontribusi banyak di langkah pemenangan kami. Masing-masing partai telah berkontribusi banyak dengan caranya masing-masing,” kata pria yang kini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

“Tentu telah ada capaian-capaian yang telah diperoleh dan tentu masih ada beberapa kekurangan yang mungkin masih perlu ditingkatkan di sana-sini. Ke depan, tentu ada evaluasi dan kami serahkan kepada masing-masing partai,” kata Gus Ipul menegaskan.

Untuk diketahui, pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti diusung oleh koalisi empat partai. Keempat partai tersebut antara lain PKB (20 kursi), PDI Perjuangan (19 kursi), PKS (6 kursi), dan Partai Gerindra (13 kursi). Koalisi empat partai ini telah mendominasi kursi DPRD Jatim (58 kursi dari total 100 kursi DPRD Jatim).

”Dari awal, kami berangkat dengan semangat persatuan. Hal ini pula yang menjadi ikhtiar para ulama dan para kiai. Oleh karena itulah, semangat ini pula yang kami bawa bersama rekan partai koalisi,” kata Gus Ipul yang juga mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Sebelumnya, sejumlah lembaga yang menggelar hitung cepat usai coblosan Pilkada Jatim, Rabu kemarin (27/6/2018) telah memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansah - Emil Elistianto Dardak.

Di hitung cepat yang digelar Litbang Kompas misalnya, pasangan nomor urut 1 itu unggul 53,36 persen. Sementara Pasangan Gus Ipul - Puti Soekarno mendapatkan 46,64 persen suara. Angka itu dengan jumlah sampel suara yang masuk sebanyak 100 persen. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved