Lifestyle

Flek Hori's Nevus Susah Dihilangkan, ini Tanda-tanda Munculnya Flek Hori's Nevus pada Wajah

Bagi wanita dewasa bukan berarti aman dari flek Hori's Nevus," tandas dr Ellen Sidowati, Dermatology & Aesthetic Consultant Skin A.

Flek Hori's Nevus Susah Dihilangkan, ini Tanda-tanda Munculnya Flek Hori's Nevus pada Wajah
surya/danendra kusumawardana
Dokter Ellen Sidowati melakukan treatment Rejuvenation Laser pada pasien yang terkena flek hormonal Hori's Nevus di Skin A Dermatology & Aesthetic Clinic. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Flek pada kulit khususnya di bagian wajah adalah salah satu musuh terbesar  kaum hawa. Sebab flek tersebut menurunkan tingkat percaya diri.

Flek pada kulit biasanya timbul saat fase pubertas. Namun, bukan berarti kulit wanita dewasa tidak akan terserang flek. Salah satu jenis flek yang sangat menggangu kecantikan para wanita adalah Hori's Nevus.

"Flek Hori's Nevus berwarna cokelat ke abu-abuan dan sering kali muncul di kulit area pipi. Hori's Nevus muncul pada usia pubertas. Namun, Bagi wanita dewasa bukan berarti aman dari flek Hori's Nevus," tandas dr Ellen Sidowati,  Dermatology & Aesthetic Consultant Skin A.

Ellen, sapaan akrabnya, mengungkapkan awal munculnya flek hormonal Hori's Nevus ditandai dengan bintik-bintik kecil simetris pada pipi.

Flek Hori's Nevus kadang juga muncul pada kulit bagian pelipis, hidung, kelopak mata, dan dahi.

"Flek Hori's Nevus memang tidak berbahaya, tetapi sangat mengganggu penampilan karena keberadaannya di wajah,'' katanya.

Ellen melanjutkan, Hori's Nevus tergolong flek yang susah untuk dihilangkan. Sebab, flek ini terletak pada bagian dermis kulit. Maka dari itu, butuh treatment khusus dengan menggunakan laser untuk menyamarkan warnanya.

"Hori,'s Nevus tidak bisa hilang dengan cepat. Karena pigmennya terjebak dibawah kulit. Butuh treatment dengan Rejuvenation laser ," terangnya.

Faktor genetika dapat memicu munculnya flek hormonal, tetapi lanjut Ellen, jika  telah terkena flek hormonal cara yang ampuh treatmentnya dengan perawatan laser. Flek tersebut tidak akan hilang sampai tua nanti.

"Faktor genetika memegang peranan kuat munculnya Hori's Nevus. kalau tidak pernah dihilangkan flek jenis ini akan terus ada seumur hidup," terangnya.

Terkait penanganannya, Ellen mengungkapkan bahwa setiap orang berbeda-beda. Minimal empat kali treatment warna flek bisa memudar. Masing-masing orang berbeda-beda titik permasalahan fleknya, tergantung pula dari respons dan kedalaman pigmennya.

"Penangan flek harus ditangani secepat mungkin. Jangan menunggu warnanya jelas dan melebar. Sehingga treatment bisa lebih cepat tuntas," imbuhnya.

Setelah melakukan treatment penghilangan flek, Ellen mengimbau agar tidak menggunakan krim malam ataupun make up. Sebab efek laser membuat kulit terluka, penggunaan krim malam dan make up malah membuat kulit menjadi infeksi.

"Efek setelah treatment laser kulit menjadi merah karena panas. Efek tersebut akan hilang sehari kemudian. Penggunaan make up dan krim kalam harus di hindari. Rajin perawatan kulit akan lebih cepat mendiagnosa adanya flek hormonal pada kulit," tandasnya. 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help