PPDB SMPN Surabaya

7.061 Siswa Ikuti Tes TPA PPDB SMP Kawasan di Surabaya, 5 Tahun Psikologi Unair Penyelenggara TPA

Sebanyak 7.061 siswa dari 7.114 siswa mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) untuk jalur SMP Kawasan, Kamis (28/6/2018).

7.061 Siswa Ikuti Tes TPA PPDB SMP Kawasan di Surabaya, 5 Tahun Psikologi Unair Penyelenggara TPA
surya/sulvi sofiana
Sejumlah siswa mengikuti tes TPA di SMPN 6 Surabaya, Kamis (28/6/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Sebanyak 7.061 siswa dari 7.114 siswa mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) untuk jalur SMP Kawasan, Kamis (28/6/2018).

SMP kawasan di Surabaya masih menjadi daya tarik bagi siswa yang mau melanjutkan sekolah.  TPA tersebut  berlangsung di 29 lokasi berbeda.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Ikhsan menjelaskan  terdapat 53 siswa tidak hadir dalam TPA ini, otomatis mereka dinyatakan gagal masuk SMP Kawasan.

Sebelumnya mereka melakukan pendaftaran online yang dibuka mulai tanggal 25 – 26 Juni 2018 Pukul 00.01 - 23.59 WIB melalui laman ppdbsurabaya.net.

“Pengumuman TPA akan secara resmi melalui laman ppdbsurabaya.net pada 29 Juni 2018 pukul 08.00 WIB," ujar Ikhsan ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Kamis (28/6/2018).

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya tersebut mengungkapkan,  TPA  akan memberikan pengukuran profil kemampuan berpikir siswa. Mulau dari hal berpikir dengan bahasa, angka, atau gambar yang dapat dipergunakan oleh guru dan sekolah untuk mengembangkan proses pembelajaran di sekolah.

"Dengan begitu, proses pembelajaran di sekolah akan lebih efektif dan siswa dapat belajar serta meningkatkan kemampuan berfikirnya secara optimal," ujarnya.

Ia menjelaskan Seleksi dengan TPA merupakan proses penyaringan siswa dengan tujuan memilih siswa yang diprediksikan lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi, dan yang lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stres dengan tuntutan belajar di sekolah kawasan.

Sementara itu, Humas Fakultas Psikologi Unair Margaretha, mengungkapkan selama lima tahun terakhir, Fakultas Psikologi Unair berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai penyusun dan penyelenggara Tes Potensi Akademik (TPA).

Begitu juga pada tahun 2018 ini, yang masih dipercaya sebagai pelaksana tugas tersebut.

“ Fakultas Psikologi UNAIR menerjunkan sebanyak 406 Tester, 47 Koordinator Sekolah dan 29 Asisten Koordinator di semua lokasi. Tugas dari Tester adalah menyampaikan instruksi pengisian biodata dan cara pengerjaan soal di masing-masing subtes TPA. Tester juga menjelaskan contohnya hingga semua peserta paham cara pengerjaannya. Selanjutnya anak akan mengerjakan TPA sesuai dengan kemampuan penalarannya", ujar Margaretha.

Sedang setiap sekolah melibatkan anggota OSIS-nya untuk ikut memandu jalannya tes. Seperti puluhan siswa OSIS SMPN 6 dengan ramah mengarahkan para calon adik kelasnya ke masing-masing ruang tempat TPA berlangsung, meskipin di lapangan terdapat denah lokasi ruang.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help