Sambang Kampung Kalijudan

Warga Jalin Kerukunan dengan Makan Bersama Setiap Malam Minggu

Warga Kalijudan Taruna V RT 5 rutin gelar kegiatan untuk menjalin kerukunan. Salah satunya adalah makan bersama saat malam minggu

Warga Jalin Kerukunan dengan Makan Bersama Setiap Malam Minggu
surya/danendra kusumawardana
Ibu-ibu PKK Kalijudan Taruna memetik bumbu dari tanaman koleksi warga. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga Kalijudan Taruna V RT 5 rutin gelar kegiatan untuk menjalin kerukunan. Salah satunya adalah makan bersama saat malam minggu. Bahan makanan mereka dapatkan dari hasil tanaman dan budidaya ikan.

"Kami membuat kolam ikan dekat lahan kosong di sebelah tempat pertemuan. Lauk makannya tinggal mancing dan jaring saja di kolam. Bumbunya memetik dari tanaman koleksi warga," kata Lilis Rahmawati selaku anggota PKK bagian pegelolaan kas usaha.

Lilis mengatakan, segala kegiatan yang ada di RT 5 akan dikerjakan secara gotong royong oleh warga. Dalam perawatan tanaman, ibu-ibu PKK bersama-sama mengumpulkan sampah rumahan untuk diolah menjadi pupuk kompos.

"Karena seringnya menjalin komunikasi dan melakukan kegiatan bersama-sama warga RT 5 menjadi guyub," terangnya.

Anggota PKK sie kesehatan bernama Warni mengatakan, ibu-ibu PKK membangun usaha simpan pinjam yang berupa sembako. Hal tersebut dilakukan untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan dapur.

"Biasanya kan simpan pinjam koperasi bentuknya uang, kalau kami berupa sembako," kata Warni.

Warni menjelaskan Sistemnya, pertama setiap anggota RT dapat memilih sembako yang di perlukan, jumlah harga dan barang tidak terbatas. Sembako yang sering di pesan warga adalah beras dan minyak goreng.

"Soal pembayarannya, warga bisa mencicil dalam jangka waktu satu bulan," terangnya.

Warga lain bernama Sri Wilujeng menyeletuk, hasil dari simpan pinjam sembako tersebut akan diputar untuk modal.

Ia juga menjelaskan, meski dicicil ibu-ibu PKK sepakat tidak menerapkan bunga yang besar, hanya 2-3 persen  dari harga barang.

"Hasil dari simpan pinjam sembako akan diputar untuk modal pembelian. Selain itu juga untuk membantu kegiatan PKK jika mengalami kendala keuangan," pungkas Sri. 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved