Berita Sidoarjo

DPRD Sidoarjo Masih Terbelah Soal Pembiayaan Pembangunan RS Krian. Ini Kata Ketua Dewan

Yang menjadi pertimbangan utama adalah rasionalitas dan efektivitas antara dua sistem pembiayaan itu, mana yang lebih baik.

DPRD Sidoarjo Masih Terbelah Soal Pembiayaan Pembangunan RS Krian. Ini Kata Ketua Dewan
surya/m taufik
Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Rencana pembangunan rumah sakit (RS) di Sidoarjo Barat masih menjadi perbincangan hangat di lingkungan DPRD Sidoarjo. Pro kontra tentang strategi pembiayaan pembangunannya, masih terus berlanjut.

Sebagian anggota dewan setuju dengan Pemkab Sidoarjo agar pembangunan RS ini melalui Sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tapi sebagian lain menolak dan memilih pembangunan menggunakan dana APBD.

"Dalam waktu dekat ini kami akan menggelar rapat dengan unsur pimpinan terkait itu. Sebab, sebelum Lebaran kemarin surat dari Bupati Sidoarjo sudah masuk ke dewan," kata Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, Rabu (27/6/2018).

Surat yang dimaksud adalah permintaan persetujuan DPRD untuk pelaksanaan pembangunan RS wilayah barat dengan sistem KPBU.

"Pada prinsipnya, DPRD sudah sepakat RS Sidoarjo Barat harus dibangun. Sekarang tinggal sistem pembiayaannya, pakai KPBU atau APBD murni," lanjut dia.

Yang menjadi pertimbangan utama DPRD adalah rasionalitas dan efektivitas. Antara dua sistem pembiayaan itu, mana yang dirasa lebih baik.

"Sebagian kawan-kawan di dewan menganggap lebih baik pakai APBD. Sebagian lagi memilih KPBU seperti yang diinginkan eksekutif. Kalau saya pribadi lebih condong KPBU, tapi kan tidak bisa saya putuskan sendiri. Harus melalui musyawarah dengan teman-teman di dewan," aku Wawan, panggilan Sulamul Hadi Nurmawan.

Dirinya menilai KPBU lebih cocok karena bisa menghemat anggaran dan lebih cepat prosesnya. Termasuk proses pembangunan dan pelayanan RS setelah dibangun.

Dengan memakai KPBU, anggaran bisa dialihkan untuk kebutuhan lain.

"Misalnya dana sekitar Rp 370 miliar itu bisa dialihkan untuk pembangunan frontage road di Gedangan agar segera tuntas. Itu akan sangat bermanfaat karena selama ini kerap macet di jalur tersebut. Di sisi lain, rumah sakit tetap bisa dibangun," urai dia.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help