Sambang Kampung Gunungsari Kec Wonokromo

10 Persen Penjualan Sampah Warga Digunakan untuk Kas Kampung

Banyaknya fasilitas umum yang dibangun warga kampung di RT 2 RW 1 Kelurahan Gunungsari Kecamatan Wonokromo tak lepas dari kerja sama warga.

10 Persen Penjualan Sampah Warga Digunakan untuk Kas Kampung
surya/ahmad zaimul haq
Ketua RT 2 RW 1 Kelurahan Gunungsari Putut Rumtyono 

SURYA.co.id | SURABAYA – Banyaknya fasilitas umum yang dibangun warga kampung di RT 2 RW 1 Kelurahan Gunungsari Kecamatan Wonokromo tak lepas dari kerja sama warga.

Selain mengumpulkan uang hadiah lomba, warga juga konsisten mengumpulkan sampah daur ulang ke bank sampah kampung. Meskipun tidak sedang mengikuti lomba.

Hal ini lantaran bank sampah termasuk slah satu sumber dana kas kampung. Putut Rumtyono, ketua RT mengungkapkan setiap dua minggu sekali warga melakukan pemilahan sampah di bank smpah. Untuk selanjutnya dijual ke bank sampah induk.

“Setiap penjualan ini, nantinya 10 persen akan diserahkan pada bank sampah kampung, dalam hal ini ya masuk kas kampung. Karena tidak cukup kalau cuma mengandalkan uang lomba untuk pembangunan“ungkapnya.

Meskipun baru menjual kumpulan sampah itu dalam wakt dua minggu. Tapi area kampung tetap rapi karena warga emiliki gudang penampungan untuk sampah ini. “Kami punya gudangnya bank sampah, bantuan dari PLN. Jadi sampahnya tidak berantakan,”pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help