Berita Pasuruan

Resmikan Tol Gempas Pasuruan, ini Harapan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi sangat berharap peresmian tol Gempas seksi 2 bisa memberi dampak dan manfaat positif untuk masyarakat khususnya Pasuruan.

Resmikan Tol Gempas Pasuruan, ini Harapan Presiden Jokowi
surabaya.tribunnews.com/galih lintartika
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam meresmikan Tol Gempas seksi 2, Jumat (22/6/2018) 

SURYA.co.id | PASURUAN - Presiden Jokowi sangat berharap peresmian tol Gempol – Pasuruan (Gempas) seksi 2 bisa memberikan dampak dan manfaat positif untuk masyarakat khususnya Pasuruan.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Tol Gempas seksi 2 di exit tol Pasuruan, dekat dengan sentra mebel bukir Kota Pasuruan, Jumat (22/6/2018) sore.

Jokowi menyampaikan, tol Gempas merupakan bagian kecil dari proyek besar pembangunan jalan tol dari Tol Merak-Banyuwangi. Targetnya, tol Merak – Banyuwangi ini sudah bisa dioperasionalkan dan digunakan di tahun 2019 mendatang.

Saat ini, pemerintah sedang bekerja untuk mempercepat pembangunan kontruksi bangunan tol di sejumlah ruas yang masuk dalam proyek besar Merak – Banyuwangi.

“Keberadaan tol ini, tentu saja akan membuat efektif semua kebutuhan dan mempermudah untuk mendapatkannya. Salah satunya,mempercepat distribusi barang maupun mobilitas masyarakat. Maka dari itu, pembangunan akan dipercepat,” katanya.

Jokowi menegaskan, Tol Merak – Banyuwangi nantinya itu akan terintegrasi dengan satu ruas dan ruas lainnya.

Harapannya sangat sederhana, keterkaitan satu ruas dengan ruas lainnya bisa menumbuhkan dan memetekan titik pertumbuhan ekonomi, mulai dari sektor industri, UMKM, dan pariwisata.

“Nah, besar harapan kami, infrastruktur yang memadai ini bisa ditangkap dengan baik oleh pemerintah daerah yang terlewati jalan tol ini. Harapannya titik ini bisa dikembangkan oleh semua pihak tidak hanya pemerintah daerah, tapi elemen masyarakat untuk bisa mendongkrak ekonomi kerakyatan," katanya.

"Tinggal disambungkan saja. Pemerintah daerah harus bisa mengambil momen ini untuk bagaimana bisa memajukan daerah yang dipimpinnya, dan masyarakat bisa mengembangkan kegiatan usaha di sekitaran tol, bisa di pintu masuk atau keluar tol,” imbuhnya.

Tol Gempas merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa yang panjang totalnya mencapai 34,15 kilometer (km).

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved