Pilpres 2019

Jelang Pencapresan, Cak Imin Makin Akrab dengan Megawati

Menjelang pencapresan untuk Pilpres 2018, ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar tampak kian akrab dengan Megawati. Ini salah satu buktinya

Jelang Pencapresan, Cak Imin Makin Akrab dengan Megawati
ist
Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, Calon Gubernur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Calon Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno, dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri hadir di acara ziarah makam Presiden RI Pertama, Ir Soekarno, Rabu (20/6/2018) di Kota Blitar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar, terlihat hadir di acara ziarah makam Presiden RI Pertama, Ir Soekarno, Rabu (20/6/2018) di Kota Blitar.

Kedatangan pria yang akrab disapa Cak Imin ini tak sendiri. Ia tiba bersamaan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Bersama putri Bung Karno ini, Cak Imin pun terlihat berdoa bersama di samping makam mendiang Bung Karno. Mereka memanjatkan dzikir bersama di samping Bung Karno.

Kedekatan Cak Imin dengan Mega ini ditengarai disebabkan adanya koalisi kedua parpol di pilkada Jawa Timur. Yang mana, kedua partai mengusung pasangan Calon Gubernur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno.

Gus Ipul serta Puti Soekarno pun ikut hadir pada acara yang berlangsung sore hari ini.

Meskipun demikian, kedekatan dua figur partai ini juga patut mendapatkan catatan sebab momentum ini berdekatan dengan jadwal pendaftaran calon presiden yang mulai dibuka pada 4 Agustus 2018 mendatang.

Apalagi, Megawati bersama partainya belum menentukan Calon Wakil Presiden pendamping Joko Widodo, capres dari PDI Perjuangan.

Di sisi lain, Cak Imin pun juga didaulat menjadi Cawapres oleh PKB di pemilu mendatang. Namun, sama halnya dengan PDI Perjuangan, Cak Imin dan PKB juga belum menentukan arah koalisi.

Cak Imin pada pertemuan ini juga ikut membawa dua menteri Kabinet Kerja dari PKB, Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan Muhammad), dan Imam Nahrawi (Menteri Pemuda dan Olahraga).

Beberapa politisi senior PKB pun ikut serta pada pertemuan ini.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengakui bahwa empat kader partainya yang menjadi menteri bertugas membujuk Jokowi agar mau mengandeng Cak Imin sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

"Empat orang menteri (PKB) ini komunikasi intensif dengan Pak Jokowi dan timnya Pak Jokowi," ujar Lukman.

"Jadi bukan hanya mengurus soal teknis kementerian, tapi juga ada peran politik," kata calon gubernur Riau pada Pilkada Serentak 2018 itu.

Dikonfirmasi tentang pertemuan itu, Cak Imin maupun Mega kompak tutup mulut. 

Mereka melenggang saat dihujani pertanyaan oleh jurnalis.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved