Berita Lamongan

Tim Kesehatan Jiwa Lamongan Lakukan Penyisiran Orang dengan Gangguan Jiwa

Tim khusus bentukan Pemerintah Lamongan, Jawa Timur untuk mengurus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Tim Kesehatan Jiwa Lamongan Lakukan Penyisiran Orang dengan Gangguan Jiwa
SURYA.co.id/Hanif Manshuri
Usai lebaran Idul Fitri, tim ini mengunjungi Fitri warga Desa Kecamatan Kedungpring yang didiagnosis mengalami gangguan jiwa ( ODGJ ), Senin (18/6) 

SURYA.co.id | LamonganTim khusus bentukan Pemerintah Lamongan, Jawa Timur untuk mengurus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih terus bekerja sampai sekarang.

Pada Senin, 18 Juni 2018, tim ini diketahui mengunjungi Fitri warga Desa Kecamatan Kedungpring yang didiagnosis mengalami gangguan jiwa.

Kadinkes Lamongan, dr Taufiq Hidayat mengungkapkan kunjungan ini untuk memeriksa kesehatan dan perkembangan Fitri.

Sekadar diketahui, Fitri sudah mendapat fasilitas berobat jalan dari puskesmas dan pendampingan dari pemerintah desa setempat. Ia termasuk keluarga maskin dan pemegang kartu JKN KIS.

Dinas Kesehatan juga sudah rutin mendampingi, baik rawat jalan dengan melakukan kunjungan rumah oleh bidan desa atau petugas jiwa puskesmas.

"Beberapa kali, petugas kami juga membawanya ke Puskesmas untuk perawatan inap jika beliaunya tidak mau makan," katanya.

Dari hasil kunjungan itu, kondisi kejiwaan dan fisik Fitri stabil tetapi ada kelemahan otot kaki (atropi) karena lama tidak digunakan untuk beraktivitas.

Fitri selanjutnya akan mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lanjutan di rumah sakit usai libur lebaran.

Diungkapkannya, bidang kesehatan adalah super prioritas bersama bidang pendidikan dan infrastruktur.

Oleh karena itu Pemkab Lamongan secara khusus membangun Puskesmas Karangkembang menjadi berakreditasi paripurna yang setara dengan rumah sakit tipe C. Puskemas ini akan dijadikan rujukan untuk pasien jiwa.

Berkat itupula, Lamongan kini ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif dalam pelayanan kesehatan jiwa pada pasung oleh Menteri Kesehatan RI.

Sejumlah daerah, seperti Pemprov Banten sampai jauh-jauh belajar ke Lamongan terkait metode pembebasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Pasung.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved