Berita Sumenep

Kemensos Kerahkan Tagana dan Bantuan Logistik Bantu Korban Gempa Bumi di Sumenep

Pihaknya telah mengerahkan personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan menyalurkan bantuan logistik.

Kemensos Kerahkan Tagana dan Bantuan Logistik Bantu Korban Gempa Bumi di Sumenep
surya/istimewa
Kementerian Sosial mengerahkan personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan menyalurkan bantuan logistik untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang terjadi Rabu (13/6/2018) malam sekitar pukul 20.06 WIB tersebut. 

SURYA.co.id | SUMENEP - Kementerian Sosial bergerak cepat menanggulangi bencana alam yang melanda Sumenep.

Menteri Sosial, Idrus Marham mengatakan pihaknya telah mengerahkan personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan menyalurkan bantuan logistik.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan permakanan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang terjadi Rabu malam (13/6/2018) sekitar pukul 20.06 WIB tersebut.

"Untuk korban bencana gempa bumi di Sumenep, saat ini bantuan sudah mulai disalurkan bertahap baik berupa tenda maupun permakanan," ujar Mensos di Jakarta, Kamis (14/6/2018) seperti rilis yang diterima SURYA.co.id di Surabaya.

"Intinya layanan dasar korban terdampak sudah dilakukan sebagaimana yang selalu Presiden Joko Widodo sampaikan, dalam masa duka akibat bencana, negara hadir memberikan perlindungan sosial," imbuhnya.

Bantuan yang dikirimkan berupa satu unit tenda serbaguna, 100 lembar matras, 100 tenda gulung, 30 lembar kasur, 100 lembar selimut, 100 paket sandang, 100 paket lauk pauk, dan satu unit tenda keluarga, serta barang bantuan bahan untuk dapur umum.

Total bantuan untuk tahap pertama ini adalah Rp 154.645.200.

“Tidak ada istilah libur dalam memberikan layanan perlindungan sosial untuk korban bencana. Meski sekarang sudah memasuki libur menjelang lebaran, namun koordinasi internal Kemensos dengan seluruh stakeholder terus berlangsung untuk memastikan seluruh korban tertangani,” katanya.

Menteri Idrus mengatakan sebanyak 57 personel Tagana telah berada di lokasi, terdiri dari 37 personel Tagana Kabupaten Sumenep dan 20 personel Tagana Provinsi Jawa Timur.

Saat ini mereka tersebar di dua titik kecamatan terdampak yakni Kecamatan Banyuputih dan Kecamatan Dasuk.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help