Lebaran 2018

Tanjakan Kali Kenteng yang Bikin Pengemudi 'Grogi', Kakorlantas Polri Taklukkan dengan Cara Ini

Tanjakan kali kenteng yang bikin 'grogi' pengemudi. Pasca beredarnya video viral mobil melorot dan diselamatkan petugas.

Tanjakan Kali Kenteng yang Bikin Pengemudi 'Grogi', Kakorlantas Polri Taklukkan dengan Cara Ini
kompas.com
Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang. 

SURYA.co.id - Musim mudik Lebaran diwarnai dengan kejadian maupun kisah yang tak bakal dilupakan oleh para pemudik.

Salah satunya yang sedang heboh di media sosial.

Sebuah city car melorot dan diselamatkan petugas di tanjakan Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Surakarta.

Bahkan, kejadian ini disusul dengan pesan berantai yang menyebutkan, kemiringan tanjakan Kali Kenteng ini mencapai 50 derajat.

Nah, yang dikhawatirkan adalah pengguna jalan salah persepsi jika tanjakan tersebut tidak layak dilewati.

Tak ingin kekeliruan ini berlanjut, Selasa (12/6/2018) sore, Kakorkantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengunjungi tanjakan jembatan Kali Kenteng, Susukan, Kabupaten Semarang.

Guna membuktikan tanjakan ini layak dilewati dan tidak securam yang dikabarkan di media sosial, Kakorlantas mengendarai sepeda lipat kecil melintasi tanjakan ini.

Ternyata, meski hanya menggunakan sepeda kecil, Kakorlantas sukses menaklukkan tanjakan ini.

Menurut Royke, jika sepeda lipat saja sanggup melewati tanjakan Kali Kenteng, seharusnya mobil dengan kondisi normal lebih mudah melewati tanjakan ini.

"Ini tanjakan grade sepuluh, tapi menggunakan sepeda kecil, itu memang lebih berat dari sepeda besar. Artinya begini, sepeda kecil saja bisa lewat, apalagi mobil ya," kata Royke.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help