Berita Pasuruan

Pemkab Pasuruan Segera Siapkan Ratusan Kilogram Bibit Kedelai

Pemkab Pasuruan akan menggelontorkan bantuan benih kedelai kepada para petani untuk meningkatkan perluasan pertanian

Pemkab Pasuruan Segera Siapkan Ratusan Kilogram Bibit Kedelai
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | PASURUAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan berencana menggelontorkan bantuan benih kedelai kepada para petani kedelai di Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan perluasan pertanian kedelai.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan menyampaikan, luasan lahan pertanian kedelai saat ini cenderung menyusut. Tiga tahun yang lalu, luasan lahan pertanian kedelai mencapai 20 ribu hektar.

Namun saat ini, hanya sekitar 13 ribu hektar lahan tanam kedelai. Artinya, ada penyusutan hingga 7 ribu hektar. Hal ini dipengaruhi nilai ekonomis tanam kedelai. Petani lebih menyukai tanaman jagung serta padi.

“Banyak petani yang lebih memilih untuk menanami lahannya tanaman padi dan jagung ketimbang kedelai. Ini berpengaruh terhadap tingkat luas tanam kedelai yang kian menyusut,” jelasnya.

Padahal, produktivitas kedelai dibutuhkan. Supaya, ketersediaan kedelai dalam negeri tersedia. Karenanya, pemerintah berencana untuk memberikan rangsangan bagi petani, agar menanami lahannya, tanaman kedelai.

Caranya, dengan pemberian bibit kedelai bagi para petani. “Bantuan ini merupakan program pusat. Agar petani di Kabupaten Pasuruan, bertanam kedelai,” tambahnya.

Rencananya, bantuan bibit kedelai itu akan direalisasikan Juni 2018. Jumlahnya, sekitar 100 ribu kg. Ratusan ribu kilogram bibit itu, akan disalurkan untuk 2 ribu hektar lahan pertanian di Kabupaten Pasuruan.

"Masing-masing perhektarnya, akan diberikan bibit 50 kg. Bibit-bibit itu, diproyeksikan untuk sekitar 4 ribu petani,” sambungnya. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help