Citizen Reporter

Peluang Jadikan Desa Agrowisata Salak

Kekuatan desa terletak pada warganya yang jeli menangkap peluang untuk dikembangkan sehingga berpotensi secara ekonomi.

Peluang Jadikan Desa Agrowisata Salak
ist

Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisasi (LKMO) menjadi aktivitas yang penting untuk mengatur organisasi. LKMO juga dilakukan saat KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM).

LKMO dilakukan di bidang pengelolaan kepariwisataan agrowisata salak di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jumat malam (25/5/2018). Pelatihan itu diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Tanjungharjo agar dapat mengelola organisasi kepariwisataan yang ada dan ikut andil dalam memajukan program desa agrowisata salak.

Kegiatan diikuti puluhan peserta yang merupakan para pemuda dan warga lain di Desa Tanjungharjo yang peduli dan sadar akan potensi desa mereka sebagai desa wisata. Kegiatan diisi tiga pemateri, yaitu Tjatur Prasetyo, Nanik Nur Fikriyah, dan Ahmad Rizal Baitullah. Para peserta disadarkan akan pentingnya keberadaan desa wisata untuk menunjang kemajuan perekonomian masyarakat.

Tjatur Prasetyo selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menyampaikan materi pentingnya kepariwisataan. Nanik Nur Fikriyah sebagai pengelola Agrowisata Salak di Desa Tanjungharjo menyampaikan materi tentang desa wisata. Materi keorganisasian disampaikan Ahmad Rizal Baitullah selaku Koordinator Desa KKN UM Tanjungharjo.

Selama kegiatan berlangsung, Tjatur menyampaikan tentang potensi Desa Tanjungharjo sebagai penghasil salak. Itu dapat dikembangkan melalui agrowisata salak dan pengembangan kuliner salak sebagai daya tarik wisatawan.

Selain itu, kepelatihan juga merupakan ajang untuk menarik anak muda agar ikut tergabung dalam pemberdayaan kepariwisataan di desa yang telah diwadahi pokdarwis. Melalui organisasi itu diharapkan agrowisata salak dapat dikenal masyarakat sekitar maupun di luar Bojonegoro.

“Kalian adalah peran utama dalam menjalankan wisata ini. Tanpa kalian, wisata ini tidak akan pernah bergerak dan akan tetap jalan di tempat,” ucap Tjatur kepada para pemuda yang hadir malam itu.

Siti Vivi
Mahasiswa Sejarah UM
Pilanggede, Balen, Bojonegoro

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved