Berita Surabaya

Mengintip Persiapan Salat Idul Fitri di Masjid Cheng Ho Surabaya

Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, sejumlah masjid mulai mempersiapkan salat Idul Fitri. Mari intip persiapan di Masjid Cheng Ho Surabaya

Mengintip Persiapan Salat Idul Fitri di Masjid Cheng Ho Surabaya
surabaya.tribunnews.com/danendra kusumawardana
Terpal digelar di pelataran Masjid Muhammad Cheng Ho untuk menampung Jamaah Sholat Idul Fitri, Rabu, (13/6). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan, sebagian masjid yang berada di Surabaya telah menyiapkan beberapa keperluan untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri. Seperti yang terlihat di Masjid Muhammad Cheng Ho, beberapa orang membersihkan sekitar area masjid dan menggelar terpal di depan pelataran.

"Kami telah membersihkan tempat-tempat yang digunakan sebagai ruang tambahan untuk Sholat Idul Fitri saat masjid Muhammad Cheng Ho dipenuhi jamaah," kata Ahmad Hariyono Ong,Ketua Ta'mir Masjid Muhammad Cheng Ho.

Masjid Muhammad Cheng Ho sendiri adalah salah satu jujukan favorit para musafir yang hendak mudik ke kampung halaman. Saat Sholat Idul Fitri 1439 H nanti, Ahmad memperkirakan Masjid Cheng Ho akan didatangi 2000 jamaah dari berbagai daerah.

"Jamaah yang hadir tidak hanya berasal dari Surabaya saja. Musafir dari Jakarta pun datang kesini untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri," ujar Ahmad.

Ia menambahkan, untuk menampung semua jamaah, pihaknya akan menggunakan ruang rapat dan lapangan yang berada di lantai 2 kantor pengurus Masjid Muhammad Cheng ho.

"Kami sudah mempersiapkan ruangan lain untuk mengantisipasi membludaknya jamaah saat Sholat Idul Fitri. Biasanya juga sampai meluber keluar masjid," terangnya.

Ahmad mengungkapkan, pihaknya juga telah mempersiapkan ruangan khusus bagi jamaah difabel.

"Kami menyediakan kursi untuk duduk bagi mereka," ungkapnya.

Ahmad mengingatkan bagi para jamaah, Sholat Idul Fitri 1439 H di Masjid Muhammad Cheng akan akan dilaksanakan pukul 6 tepat. Namun, untuk harinya Ia mengatakan masih menunggu putusan sidang isbat dari pemerintah.

"Yang menjadi imam dan khotib saat Sholat Idul Fitri adalah KH Muhammad Zainudin Husni pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Qulub," pungkasnya 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help