Berita Sidoarjo

Baznas Sidoarjo Bagikan 30 Ton Beras Zakat Fitrah

Ratusan warga berkumpul di Pendopo Kabupaten Sidoarjo untuk mengantre pembagian zakat fitrah yang digelar Baznas Sidoarjo, Rabu (23/6/3018).

Baznas Sidoarjo Bagikan 30 Ton Beras Zakat Fitrah
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Ratusan warga antre mendapatkan jatah beras dari zakat fitrah di Pemkab Sidoarjo, Rabu (13/6/2018) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ratusan warga berkumpul di Pendopo Kabupaten Sidoarjo untuk mengantre pembagian zakat fitrah yang digelar Baznas Sidoarjo, Rabu (23/6/3018).

Setelah pembagian dimulai, satu persatu warga bergiliran menerima zakat yang diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah bersama Ketua Baznas Sidoarjo, Vino Rudi Muntiawan.

Ada ribuan warga yang ikut mengantre pembagian zakat ini. Sebagian dari mereka membawa kupon dan sebagian lagi tanpa kupon. Yang membawa kupon dibatasi dua kupon.

"Yang dibagikan ini adalah zakatnya para pegawai Pemkab Sidoarjo," kata Bupati Saiful Ilah di sela membagikan beras zakat.

Beras zakat yang dibagikan itu sudah dalam pak plastik. Setiap pak berisi tiga kilogram. Jika ditotal, semuanya ada sekitar 30 ton.

Beras zakat sebanyak itu, yang dibagikan di Pendopo ada 5.000 kupon atau sekitar 15.000 kilogram. Kemudian yang tanpa kupon sebanyak 725 orang atau 2.175 kilogram.

"Juga dibagikan ke sekitar 278 lembaga yang ada di Sidoarjo. Totalnya sekitar 13.900 kilogram," urai Abah Ipul, panggilan Bupati Saiful Ilah.

Selain itu, Baznas juga menggelar pengobatan gratis di empat desa. Yakni Desa Wonokupang dan Bakalan di Kecamatan Balongbendo; serta Desa Mulyosari dan Wonokasihan di Kecamatan Wonoayu.

"Serta ada juga pembagian bingkisan uang di empat desa. Masing-masing warga mendapat Rp 50.000," sambung Vino Rudi Muntiawan.

Dijelaskannya, dana yang dipakai untuk pembagian zakat ini merupakan hasil pengumpulan dari sekitar 15.000 pegawai di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Di mana, gaji mereka dipotong setiap bulan untuk disisipkan sebagai zakat.

Ada yang dipotong Rp 50.000, ada yang Rp 100.000, Rp 200.000 hingga Rp 500.000. "Totalnya yang terkumpul sekitar Rp 2 miliar," jawab Vino Rudi.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help