60 Ribu Jamaah Diperkirakan Salat Idul Fitri 2018 di Masjid Al Akbar Surabaya

Enam puluh ribu jemaah diperkirakan bakal menjalankan salat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya. Bagaimana persiapannya?

60 Ribu Jamaah Diperkirakan Salat Idul Fitri 2018 di Masjid Al Akbar Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
Ribuan jamaah mengikuti salat tahajud, hajat dan tasbih saat melakukan itikaf atau berdiam diri di dalam masjid pada malam ganjil hari ke-21 Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (16/6/2017) dini hari. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru memutuskan Hari Raya Idul Fitri 2018 pada Kamis (15/6/2018) malam. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) sudah melakukan persiapan pelaksaanan salat Idul Fitri 2018 yang kemungkinan jatuh pada Jumat (15/6/2018).

Salat Idul Fitri 2018 di MAS diperkirakan bakal dibanjiri sebanyak 60 ribu jamaah. Gubernur Jatim, Soekarwo dan Forum Komunikasi Pimpindan Daerah (Forkopimda) Jatim juga dijadwalkan salat Idul Fitri di masjid terbesar di Indonesia Timur ini.

“Kami masih menunggu sidang isbat dari Kemenag soal keputusan Hari Raya Idul Fitri 2018, tapi kami sudah siap mempersiapkan pelaksanaan salat Idul Fitri di MAS,” sebut Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar Surabaya melalui rilis yang diterima Surya.co.id, Rabu (13/6/2018).

Lantaran puluhan ribu jamaah umat muslim dari Surabaya dan sekitarnya dipastikan bakal membanjiri MAS, jamaah diimbau supaya datang sebelum pukul 05.00 WIB. Ini demi menghindari kemacetan lalu lintas menuju akses MAS.

Helmy menuturkan, panitia sudah mempersiapkan pintu masuk bagi jamaah. Para jamaah yang masuk MAS melalui pintu barat, lokasi parkir disiapkan di halaman sisi barat dan sisi selatan MAS.

Selanjutnya, jamaah dari arah Pagesangan bisa parkir di lapangan MAS sisi barat gereja Katolik Sakramen Mahakudus. Sedangkan dari arah Jl A Yani, Jl Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari, jamaah masuk melalui pintu utara dan parkir di lapangan MAS atau sebelah gereja.

Kalau dari dari arah Jl A.Yani, Jl Injoko, Gayungsari II dan Depan Gereja, parkir di tanah lapang barat gereja. Jika dari arah Jl Lingkar MAS, jamaah bisa parkir di area parkir MAS melalui pintu selatan depan Restoran Agis. Selain itu, jamaah juga bisa parkir di lapangan PWNU yang cukup luas.

Sedangkan parkir khusus bertanda stiker MAS, masuk melalui pintu utara dan dari akses tol melalui pintu barat selatan. Kemudian lokasi parkir ada di halaman sebelah barat MAS (samping kantor sekretariat MAS). Untuk parkir sepeda motor berada di halaman masjid sisi Uutara masuk pintu timur dan utara.

“Kami juga menyiapkan dokter dan petugas kesehatan serta empat mobil ambulance. Bagi jamaah yang menggunakan kursi roda, MAS menyiapkan akses dan tempat wudlu khusus yang dipandu petugas, lokasinya berada di gerbang timur masjid. Kami juga menyiapkan tiga kursi roda,” terang Helmy.

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help