Pilkada 2018

Jelang Ramadan Berakhir, Gus Ipul-Mbak Puti Ziarah Makam Syaichona Kholil, ini Tujuannya

Syekh Kholil adalah seorang ulama kharismatik dari Pulau Madura. Di masyarakat santri, Syaikhona Kholil dikenal sebagai waliyullah.

Jelang Ramadan Berakhir, Gus Ipul-Mbak Puti Ziarah Makam Syaichona Kholil, ini Tujuannya
surya/bobby constantine
Pasangan calon gubernur/wakil gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) berziarah ke Makam Saychona Kholil, di Gebang Bangkalan, Selasa (12/6/2018) malam. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, pasangan calon gubernur/wakil gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) melakukan ziarah ke Makam Saychona Kholil di Gebang Bangkalan, Selasa (12/6/2018) malam.

Ziarah ke makam para ulama merupakan kebiasaan  Gus Ipul, utamanya berziarah ke makam ulama besar.

Syekh Kholil adalah seorang ulama kharismatik dari Pulau Madura. Di masyarakat santri, Syaikhona Kholil dikenal sebagai waliyullah.

Seperti cerita Wali Songo, banyak cerita kelebihan di luar akal atau karamah Syekh Kholil terkisah dari lisan ke lisan, terutama di lingkungan masyarakat Madura.

Al-Matnus Syarif merupakan salah satu contoh tulisannya. Sesuai namanya, kitab Al-Matnus Syarif al-Mulaqqab bi Fat-hil Latif ini merupakan kitab matan (inti) yang berbicara mengenai fundamen dasar hukum Islam (ilmu fiqih).

Kitab setebal 52 halaman ini bukan hanya karena kemasyhuran penulisnya, melainkan kitab ini telah menampilkan landscape keilmuan yang selama ini terkesan rumit, menjadi demikian lugas dan mudah dipahami.

Setiap berada di suatu daerah Gus Ipul bisa dipastikan akan mengunjungi dan berdoa di makam-makam ulama yang ada di daerah itu.

Termasuk ketika menjelang berakhirnya Ramadan kali ini, Gus Ipul mengajak Mbak Puti ziarah ke Makam Syaichona Kholil, ulama besar Bangkalan yang telah melahirkan ratusan ulama-ulama dan Kiai-Kiai besar.

"Kita saat ini ziarah ke makam kekasih Allah, guru para ulama dan Kiai pendiri pesantren di Jawa," kata Gus Ipul.

Dia lantas mencontohkan KH Hasyim Asy'ari dan KH Bisri Syansuri merupakan sosok Kiai yang dulu berguru atau mondok di pesantren yang diasuh Syaichona Kholil.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help