Berita Banyuwangi

Banyuwangi Siapkan Beragam Atraksi Wisata selama Libur Lebar, 4 Event ini Suguhan untuk Wisatawan 

"Ada berbagai event yang kami siapkan selama libur lebaran," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (12/6/2018).

Banyuwangi Siapkan Beragam Atraksi Wisata selama Libur Lebar, 4 Event ini Suguhan untuk Wisatawan 
surya/haorrahman
Beragam atraksi wisata dipersiapkan Banyuwangi untuk menyambut pemudik dan wisatawan.‎ 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Selama libur lebaran, para pemudik dan wisatawan yang datang ke Banyuwangi, tidak hanya bisa menikmati tempat wisata, namun berbagai atraksi wisata dipersiapkan untuk menambah daya tarik.

"Ada berbagai event yang kami siapkan selama libur lebaran," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (12/6/2018).

Menurut Anas, berdasarkan pengalaman, saat libur lebaran tidak hanya pemudik tapi banyak wisatawan yang datang ke Banyuwangi untuk wisata. Karena itu, atraksi wisata yang berbalut kebudayaan lokal Banyuwangi bisa menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Terdapat event yang digelar secara maraton dengan suguhan nuansa khas budaya Suku Using. Upacara Adat Barong Ider Bumi, Diaspora Banyuwangi, Seblang Olehsari, dan Puter Kayun.

Upacara Adat Barong Ider Bumi digelar, Sabtu (16/6/2018), atau 2 Syawal 1439 H, di Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi.

"Atraksi ini merupakan tradisi turun temurun Suku Using, yang merupakan ritual penolak bala. Ini atraksi yang unik dan kental nuansa budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Muhamad Yanuarto Bramuda.

Seblang Olehsari, digelar di Desa Olehsari, Glagah, Banyuwangi, Senin (18/6/2018). Tari Seblang menjadi daya tarik karena memiliki daya magis yang kuat.

Tari Seblang dimainkan oleh seorang perempuan yang kerasukan. Dalam keadaan tak sadar ini perempuan itu menari lalu berkeliling kampung.

Selain dua event tersebut, untuk warga Banyuwangi yang pulang kampung Pemkab Banyuwangi menyiapkan program Diaspora Banyuwangi, Minggu (17/6/2018), di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Acara ini akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Diaspora Banyuwangi selalu diikuti oleh ratusan peserta. Selain berasal dari berbagai daerah di tanah air, para perantau dari luar negeri, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Amerika, dan lainnya hadir dalam acara ini.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help