Berita Blitar

Abang Becak Wisata MBK Gelar Doa Bersama untuk Wali Kota Blitar yang Jadi Tersangka KPK

Para tukang becak wisata di kompleks Makam Bung Karno menggelar doa bersama untuk Wali Kota Blitar yang dijadikan tersangka oleh KPK.

Abang Becak Wisata MBK Gelar Doa Bersama untuk Wali Kota Blitar yang Jadi Tersangka KPK
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Wakil Wali Kota Blitar, Santoso (depan paling kiri) ikut hadir dalam acara doa bersama untuk Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar yang diadakan paguyuban abang becak wisata di PIPP, Selasa (12/6/2018) malam. 

SURYA.co.id | BLITAR - Paguyuban abang becak wisata di kawasan Makam Bung Karno menggelar doa bersama untuk Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar, yang ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap oleh KPK.

Acara doa bersama diadakan secara sederhana di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), Selasa (12/6/2018) malam.

Para abang becak dan warga berkumpul di balai yang ada di kawasan PIPP. Mereka duduk lesehan di atas karpet warna merah. Para abang becak dan warga terlihat khusus berdoa bersama untuk Samanhudi Anwar. Wakil Wali Kota Blitar, Santoso juga ikut hadir dalam acara doa bersama itu.

Koordinator Paguyuban Abang Becak Wisata di kawasan MBK, Nedi Slamet mengatakan acara doa bersama ini merupakan inisiatif dari para abang becak. Para abang becak ikut simpati dengan kasus yang menimpa Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar.

"Kami mendoakan bapak Samanhudi agar diberi kekuatan, ketabahan, dan kesehatan dalam menghadapi masalah ini," kata Nedi Slamet, sebelum acara doa bersama dimulai.

Nedi mengatakan faktor yang mendorong para abang becak menggelar doa bersama salah satunya soal program sekolah gratis yang digagas Samanhudi saat menjabat wali kota. Menurutnya, program sekolah gratis sangat membantu warga terutama kalangan keluarga menengah ke bawah.

"Kami, para abang becak sangat terbantu dengan program sekolah gratis. Kami tidak memikirkan biaya sekolah untuk anak-anak kami," ujar Nedi.

Wakil Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan acara ini diadakan secara spontan oleh para abang becak dan pedagang di kawasan wisata MBK. Mereka berdoa agar wali kota diberikan ketabahan dalam menghadapi kasus yang sedang dialaminya.

"Warga berdoa agar wali kota diberi kesehatan selama menghadapi masalah hukum yang dialami saat ini. Acara ini diadakan abang becak dan warga secara spontan," kata Santoso.

Sekadar diketahui, sejak awal menjabat sebagai wali kota, Samanhudi mengeluarkan kebijakan APBD Pro Rakyat. Salah satu programnya, sekolah gratis mulai SD, SMP, dan SMA. Tidak hanya gratis biaya sekolah, wali kota juga memberikan bantuan seragam, sepatu, buku, tablet, dan alat-alat sekolah lainnya untuk siswa secara gratis.

Terakhir, wali kota memberikan sepeda gratis untuk siswa SMP negeri di Kota Blitar. Pada 2017, pengelolaan SMA diambilalih oleh provinsi. Samanhudi juga sempat memperjuangkan pengelolaan SMA agar tetap dipegang pemerintah daerah dengan cara mengajukan gugatan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tetapi, gugatan judicial review yang diajukan Samanhudi ditolak MK. Otomatis pengelolaan SMA beralih ke provinsi. Sejak tidak mengelola SMA, Samanhudi mengalihkan biaya sekolah gratis untuk SMA ke TK. Pada 2018 ini, sekolah gratis juga dinikmati untuk anak TK. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help