Berita Malang Raya

Musim Mudik Lebaran Dimulai, Jumlah Penumpang Kereta Api Melonjak

Jumlah pengguna layanan kereta api di masa angkutan lebaran 2018 mengalami lonjakan sekitar 5 persen dibandingkan hari biasa.

Musim Mudik Lebaran Dimulai, Jumlah Penumpang Kereta Api Melonjak
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Sejumlah penumpang di stasiun kereta api kota Malang, Minggu (10/6/2018) 

SURYA.co.id | MALANG - Jumlah pengguna layanan kereta api di masa angkutan lebaran 2018 mengalami lonjakan sekitar 5 persen dibandingkan hari biasa. 

Peningkatan penumpang yang hendak naik KA mulai terjadi sejak Jumat (8/6/2018) lalu. Namun pengelola Stasiun Malang memprediksi puncak penumpang di stasiun itu terjadi pada H+3 Lebaran.

Berdasarkan data dari Stasiun Malang pada 8 Juni lalu ada 5.000 penumpang naik dari Stasiun Malang, dan Minggu (10/6/2018) ada 4.700 orang penumpang.

Puncak penumpang nanti diprediksi mencapai 6.000 orang, sedangkan di hari biasa jumlah penumpang antara 4.000 - 5.000 orang per hari melalui Stasiun Malang.

Kepala Stasiun Malang Arief Nugroho mengatakan perjalanan kereta api hingga saat ini lancar. "Pemberangkatan dan kedatangan tepat waktu,' ujar Arief, Minggu (10/6/2018).

Dari pantauan Surya, tiket keberangkatan dari Stasiun Malang ke sejumlah tujuan jarak jauh untuk pekan ini sudah habis, begitu juga pekan depan. Jumlah kedatangan penumpang di Stasiun Malang juga sudah membludak sejak akhir pekan ini. Puncak penumpang nanti akan terjadi saat arus Balik, ketika banyak yang meninggalkan Malang.

Untuk masa angkutan Lebaran tahun ini, PT KAI Daerah Operasional 8 mengoperasikan 12 kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Malang. Dua di antaranya adalah kereta tambahan khusus Lebaran yakni Gajayana Lebaran (Malang - Gambir) dan Matarmaja Lebaran (Malang - Pasar Senen).

Sedangkan 10 KA lain adalah Malioboro Ekspress (Malang - Yogyakarta) yang berangkat pagi dan malam, Majapahit (Malang - Pasar Senen), Jayabaya (Malang - Pasar Senen), Matarmaja (Malang - Pasar Senen), Tawangalun (Malang - Banyuwangi), Gajayana (Malang - Gambir), Bima (Malang - Gambir), Malabar (Malang - Bandung), dan Mutiara Selatan (Malang - Bandung).

Selain KA jarak jauh, juga ada Ka lokal. "Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, di setiap stasiun ada tambahan penjagaan dan ada posko," imbuh Arief.

Petugas KAI juga meningkatkan pengecekan jalur dan kereta api yang hendak berangkat maupun setelah tiba di stasiun. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help