citizen reporter

Ini Cara Amankan Sepeda Motor

Ketika kendaraan berpindah posisi, data terbaru dikirimkan melalui SMS. Jadi pemilik sepeda motor bisa memantau lokasi saat motor berpindah

Ini Cara Amankan Sepeda Motor
ist

Kasus pencurian sepeda motor sering menempati berita kriminal. Banyak usaha yang telah dilakukan untuk menanggulanginya, mulai dari cara sederhana hingga penggunaan teknologi canggih.

Akan tetapi, itu masih saja belum menemui titik terang justru jumlah kasus bertambah setiap hari. Hingga saat ini, berbagai pihak terus mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi kasus itu.

Kebutuhan untuk menjaga sepeda motor dari pencurian membuat kelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Tim De Micle atau Detector of Missing Vehicle merancang alat untuk mengamankan sepeda motor. Tim De Micle ini dipimpin Yetti Aprilia Utami dengan anggota Juarendra Ramadhani dan Tismen Yoga Pradana.

Tim De Micle membuat teknologi pendeteksi yang hemat energi. Teknologi itu dipasang pada sepeda motor dan diintegrasikan dengan ponsel pemilik kendaraan, sehingga pemilik kendaraan dapat memantau lokasi kendaraannya setiap waktu.

Perbedaan teknologi De Micle dibandingkan dengan alat pengaman lain sebelumnya adalah terletak pada kompenen yang ditambahkan, yaitu sensor magnet elektrik. Komponen itu yang dimanfaatkan sebagai sensor pendeteksi.

Sensor dihubungkan dengan saklar otomatis yang ada di sepeda motor. Saklar dengan sistem on-off yang membuat alat ini hemat daya. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan komponen lain di antaranya modul HP GSM dan GPS serta microcontroller ATMega 16.

Penggunaan teknologi De Micle ini cukup sederhana. Terdapat dua kabel pada alat ini dan kemudian dihubungkan ke aki motor. Kemudian, SIM card dimasukkan ke dalam alat dan De Micle siap digunakan.

“Saat motor bergerak, maka De Micle akan mendeteksi. Ketika kendaraan diparkir dan berpindah posisi, maka data terbaru akan dikirimkan informasinya melalui SMS. Jadi pemilik sepeda motor bisa memantau lokasi saat motor berpindah,” kata Juarendra.

Tim yang mengemban tugas dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta 2018 itu mengungkapkan, nanti kegiatan itu tidak berhenti pada capaian dalam bentuk buku dan software. Diharapkan tim dapat bekerja sama dengan investor untuk dikomersialkan.

Yetti Aprilia Utami
Mahasiswi Jurusan Fisika
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help