Citizen Reporter

Gembira dan Pintar Cukup Rp 10.000

Anak tidak perlu khawatir tangan kotor setelah memberi makan atau memeluk kelinci karena tersedia tempat mencuci tangan.

Gembira dan Pintar Cukup Rp 10.000
pixabay.com

Peternakan sapi perah Greenfarm Milkindo sudah ada sejak 1984. Berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Greenfarm mudah dijangkau. Jaraknya hanya 5 menit dari Stadion Kanjuruhan atau sekitar 45 menit dari pusat kota Malang.

Lima tahun ini Greenfarm Milkindo dikembangkan menjadi wisata edukasi. Itu tempat wisata yang murah, meriah, dan bermanfaat. Pengunjung hanya membayar Rp 10 ribu, di luar biaya tambahan. Pengunjung akan mendapat satu cup susu segar.

Piknik keluarga bisa dilakukan di area Greenfarm. Playground yang luas, budidaya lele, taman kelinci, kandang domba, dan tentu saja peternakan sapi perah. Tempat itu dibuka pukul 08.00-17.00.

Playground-nya menarik karena ada wahana trampoline. Pengunjung hanya membayar biaya tambahan Rp 10 ribu. Coba saja melenting dan rasakan sensasi ditarik kemudian dipantulkan dari ketinggian. Tidak perlu takut karena ada safety belt yang terpasang serta petugas yang mengoperasikan wahana.

Yang ingin memancing bisa ke kolam lele. Tambahan biayanya Rp 5.000. Hasil pancingan bisa dibawa pulang.

Wahana lain yang selalu dicari anak-anak adalah taman kelinci. Kelinci yang dibiarkan bebas berkeliaran bisa diajak bermain. Pengelola juga menyediakan makanan kelinci. Anak-anak bisa mengajak kelinci makan langsung dengan makanan di tangan. Di tempat itu juga tidak perlu khawatir tangan kotor karena memberi makan atau memeluk kelinci. Keluar dari taman kelinci, anak-anak bisa menuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Nah, yang tidak kalah menarik adalah kandang sapi. Sapi di tempat itu berbadan besar dan bersih. Supaya hasil susunya tetap sesuai standar, pengunjung tidak diperkenankan masuk kandang. Jadi, orang hanya diperbolehkan melihat sapi-sapi dari luar kandang.

Biasanya, setelah semua wahana dicoba, saatnya perut menagih. Urusan makan juga bukan sesuatu yang sulit. Tersedia pujasera untuk memenuhi tuntutan perut.

Tempat yang terus dibenahi itu juga menerima pengunjung anak-anak. Di sana mereka tidak hanya menghabiskan waktu libur, karena sekaligus dapat belajar.

Tempatnya juga bisa dipesan untuk grup/sekolah, lho. Minimal anggota rombongan 10 orang dan harus melakukan reservasi paling dekat dua hari sebelum keberangkatan.

Biaya per anak untuk grup Rp 20 ribu dengan fasilitas edukasi peternakan sapi perah, pemberian pakan sapi, pemerahan susu sapi, proses pembuatan pupuk kandang, juga pembuatan susu dan yogurt.

Alviola Rahmadita Romadhona
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help