Berita Mojokerto

Jelang Lebaran, Ribuan Warga di Empat Dusun Kabupaten Mojokerto Kesulitan Air Bersih

pihaknya telah menetapkan status darurat bencana kekeringan sesuai Surat Keputusan Bupati Mojokerto.

Jelang Lebaran, Ribuan Warga di Empat Dusun Kabupaten Mojokerto Kesulitan Air Bersih
surya/mohammad romadoni
Warga Dusun Kandangan Desa Kunjowesi Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto membawa jirigen untuk mengambil air bersih di tandon Droping air. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Bencana kekeringan dan krisis air bersih melanda empat dusun di Desa Kunjorowesi Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Adapun empat wilayah kekurangan air bersih tersebut yaitu Dusun Sumberan 400 jiwa atau 125 KK, Dusun Telaga 250 orang/150 KK dan Dusun Kunjorowesi 400 jiwa/180 KK, paling banyak Dusun Kandangan 600 jiwa/ 150 KK.

Adapun jumlah total warga terdampak musim kemarau berkepanjangan hingga memicu kesulitan air bersih berjumlah 1.650 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, mengatakan kekurangan air bersih di Desa Kunjorowesi tersebbut telah terjadi selama satu pekan terakhir ini.

Sebelumnya, pihaknya telah menetapkan status darurat bencana kekeringan sesuai Surat Keputusan Bupati Mojokerto.

"Sudah masuk musim kemarau panjang berdampak pada kekeringan yang terjadi rutin setiap tahun. Kalau musim kemarau pasti krisis air di wilayah Ngoro," ujarnya kepada Surya, Kamis (7/6/2018).

"Oleh karena itu sejak tanggal 4 Juni kita ajukan ke Bupati yang menetapkan untuk siaga darurat bencana kekeringan. Itu dasaranya adalah surat dari BMKG, tempo kekeringan ini hingga bulan Oktober," imbuhnya.

Zaini mengatakan sebagai langkah antisipasinya untuk meringankan beban warga pihaknya mulai melakukan bantuan pasukan air bersih.

Droping air itu dilakukan setiap hari, untuk satu dusun setidaknya membutuhkan satu truk tangki air guna memenuhi kebutuhan air bersih.

"Dalam satu hari ada tiga truk tangki air dari PDAM untuk droping air bersih ke desa setempat. Ada dua dusun yang digabung saat pendistribusian air bersih," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help