Lapor Cak

Selama Libur Lebaran Tak Denda Pajak Kendaraan Bermotor 

"Selama cuti bersama Lebaran tidak ada layanan. Kalau pajak kendaraan mati di hari cuti itu tidak dikenakan denda," kata Ismail.

Selama Libur Lebaran Tak Denda Pajak Kendaraan Bermotor 
surya/nurani faiq
MEMBELUDAK - Hari terakhir sebelum cuti bersama layanan pemutihan pajak di Kantor Samsat Manyar, Sabtu (23/12/2017).   

SURYA.co.id | SURABAYA - Sama dengan kantor Pemerintah lainnya, selama cuti bersama 8 hari Kantor Samsaf tidak membuka layanan pembayaran pajak kendaraan. Namun selama libur nasional Lebaran itu tidak berlaku denda pajak. 

Administatur Kantor Samsat Selatan Ismail menyebutkan bahwa kantornya tidak membuka layanan apa pun. Juga berlaku di kantor Samsat lainnnya. Tidak ada Samsat kelliling maupun samsat Corner dan drive thru. 

 "Selama cuti bersama Lebaran tidak ada layanan. Kalau pajak kendaraan mati di hari cuti itu tidak dikenakan denda," kata Ismail, Rabu (6/6/2018).

Meski selama ini masyarakat cenderung taat pajak. Begitu tahu masa habis pajak mereka, pemilik kendaraan lebih dulu membayar, termasuk memadati kantor Samsat sebelum mudik.

Dalam aturannya, berlaku denda pajak bagi yang telat membayar pajak kendaraan. Namun Ismail menyebutnya bukan denda melainkan berlaku bunga pajak bagi pemiliknya.

Sesuai regulasi, besaran denda pajak adalah 2 persen dari besaran pokok pajak.  Denda itu akan bertambah 2 persen setiap  bulannya. 

"Bukan denda melainkan bunga pajak setelah terlambat dai 15 hari setelah jatuh tempo. Silakan kalau ada waktu sempatkan membayar pajak sebelum mudik," kata Ismail.

Guna mengantisipasi membludaknya wajib pajak kini disiapkan layanan tambahan. Layanan di Kantor Samsat Selatan di Ketintang sifatnya tentatif.

"Kami sediakan layaanan walk thru. Tak perlu di ruangan tapi di tenda," kata Ismail. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved