Citizen Reporter

Anak Muda Harus Tahu Cara Merawat Jenazah

Ketika ada orang meninggal di dusun, anggota karang taruna mampu mengatasi jenazah tanpa menunggu modin.

Anak Muda Harus Tahu Cara Merawat Jenazah
ist

Kematian harus dihadapi. Jika ada orang terdekat yang meninggal, sebaiknya orang-orang di lingkungan terdekat memahami cara merawat jenazah.

Itu sebabnya, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) yang berada di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang mewujudkan program kerja, yaitu tata cara merawat jenazah. Kegiatan ini dilaksanakan malam setelah tarawih, Kamis (31/5/2018). Pematerinya modin lama yang biasa dipanggil Bapak Karsis.

Pesertanya anggota karang taruna dari 10 dusun yang berada di Desa Wonoagung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan melatih pemuda dalam perawatan jenazah. Jadi, ketika ada orang meninggal di dusun, anggota karang taruna mampu mengatasi jenazah tanpa menunggu modin. Harapannya, kegiatan itu mampu memberikan manfaat pada generasi muda sehingga bisa membantu modin jika ada orang meninggal.

“Belum ada program seperti ini sebelumnya. Ini bagus sekali untuk meningkatkan peran pemuda dalam membantu merawat jenazah,” ungkap Bapak Karsis.

Antusiasme dari peserta sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan tingginya peserta yang hadir serta keaktifan peserta melalui pertanyaan yang ditanyakan kepada pemateri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, Rabu dilaksanakan di Masjid Baitussalam di Dusun Jabon Garut dan Kamis di Masjid Baiturrohim di Dusun Wonorejo.

Tata cara merawat jenazah itu dihadiri 70 anggota karang taruna dan mereka yang ingin bergabung. Materinya mengenai memandikan jenazah, mengafani jenazah, serta memakamkan jenazah. Kegiatan itu juga diselingi praktik cara mengafani jenazah.

Aurafadhil, Koordinator Desa KKN UM Desa Wonoagung 2018, berharap melalui program kerja itu, generasi muda di Desa Wonoagung terampil dalam hal tata cara perawatan jenazah. Mereka yang akan berpartisipasi aktif.

Mutmainnah Nurhandayani
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help