Berita Sidoarjo

THR Rp 49,6 Miliar untuk PNS Sidoarjo Cair

PNS di Sidoarjo bisa tersenyum mendekati Hari Raya Idul Fitri. Uang THR untuk mereka sudah mulai dicairkan melalui Bank Jatim, Selasa (5/6).

THR Rp 49,6 Miliar untuk PNS Sidoarjo Cair
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pegawai negeri di Sidoarjo bisa tersenyum mendekati Hari Raya Idul Fitri. Uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk mereka sudah mulai dicairkan melalui Bank Jatim, Selasa (5/6/2018).

Tunjangan untuk para pegawai di lingkungan Pemkab Sidoarjo ini totalnya mencapai Rp 49,6 miliar. Pencairannya dilakukan melalui Bank Jatim cabang Sidoarjo.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Sidoarjo Noer Rochmawati, proses pencarian tunjangan ini melalui beberapa tahap.

Mulai dari pengiriman SPM (surat perintah membayar) dari masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah), kemudian berdasar itu BPKAD membuat Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Lantas, surat itu diserahkan ke Bank Jatim Cabang Sidoarjo.

"Seluruh OPD sudah kirim SPM. Dan SP2S juga sudah kami serahkan ke Bank Jatim cabang Sidoarjo," ungkap Noer Rochmawati.

Angka Rp 49,6 miliar untuk THR tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Menurutnya, hal itu lantaran ada komponen tambahan. Yakni tunjangan jabatan fungsional umum.

Kepala Cabang Bank Jatim Sidoarjo Hariyani mengatakan, SP2D sudah diterima. Namun pencairan belum bisa berjalan serentak.

Menurutnya pencairan THR bakal berlangsung hingga tanggal 8 Juni. "Prosesnya bertahap, kami berupaya secepatnya semua bisa dicairkan," jawabnya.

Sejak tahun lalu THR dialokasikan dari APBD. Menurut Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi BPKAD Chusnul Inayah, sumbernya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Sejak ada kebijakan pemerintah yang membebankan THR pada daerah, memang belum semua kota/kabupaten bisa membayarkan THR.

Tapi untuk Sidoarjo, hal ini bukan sebagai kendala. Meski diambil dari keuangan APBD, pemkab masih bisa membayarkan THR.

"Banyak PNS Sidoarjo yang pensiun sejak Januari hingga Mei, sehingga gaji PNS bisa dialokasikan untuk tambahan ke THR. Selain itu, pemkab memiliki dana cadangan," urainya.

Dana cadangan itu nilainya sekitar dua persen dari total THR. Sehingga pengucuran dana untuk THR pegawai tahun ini tidak ada masalah.(ufi)

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help