Berita Gresik

Bawaslu Gresik Lantik 2.210 Pengawas TPS, Petugas Diingatkan Kerawanan Sering Terjadi di TPS

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gresik meminta pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) benar-benar netral.

Bawaslu Gresik Lantik 2.210 Pengawas TPS, Petugas Diingatkan Kerawanan Sering Terjadi di TPS
surya/sugiyono
PELANTIKAN PTPS – Pelantikan PTPS di wilayah Kabupaten Gresik, Selasa (5/6/2018). 

SURYA.co.id  | GRESIK – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gresik meminta pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) benar-benar netral dan jeli terhadap proses tahapan di TPS. Semua dugaan kecurangan dan pelanggaran penghitungan suara berawal dari TPS.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik Imron Rosyadi, mengatakan kesuksesan penyelenggara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 berada di masing-masing pengawas TPS. 

Kotak suara yang berisi kertas suara dan dokumen penting lainnya berada di tingkat TPS, sehingga jika di salah satu TPS ada kendala dan masalah maka tugas penyelenggara pemilu dianggap gagal.

 “Kegagalan itu dikarenakan adanya gejolak di tingkat PTPS yang bisa memicu gejolak masyarakat yang tidak percaya terhadap penyelenggara pemilu. Baik itu KPU beserta jajarannya dan Bawaslu,” kata Imron, Selasa (5/6/2018).

Lebih lanjut Imron mengatakan, bahwa PTPS di Kabupaten Gresik telah dibentuk. Jumlahnya mencapai 2.210 dari 356 desa. Sedang jumlah pemilih mencapai 908.540 orang. Sehingga diharapkan PTPS bisa maksimal dalam pengawasan di tiap-tiap TPS. 

Selain itu, PTPS juga diharapkan tidak lengah dalam pengawasan. Mulai kotak suara dipindahkan dari Kelurahan/Desa sampai ke TPS harus betul-betul diawasi sehingga tidak ada lagi dugaan kecurangan yang dilakukan kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) di masing-masing TPS. 

 "Karena titik kerawanan yang paling sering dibuat sumber masalah adalah hasil di TPS, sekali lagi PTPS jangan sampai  lengah dalam pengawasan,” katanya.

Salim, pengawas pemilu lapangan (PPL) Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik memastikan bahwa PTPS yang direkrut betul-betul orang yang  netral sehingga diharapkan bisa bertugas mengawasi jalannya pencoblosan dan tahapan di TPS dengan baik. 

 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help