Berita Sidoarjo

BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Khusus Mudik, Kartu BPJS Bisa untuk Teman saat Lebaran

Sedang mudik ke manapun, peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap bisa mendapat layanan kesehatan.

BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Khusus Mudik, Kartu BPJS Bisa untuk Teman saat Lebaran
surya/M Taufik
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Sri Mugirahayu 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sedang mudik ke manapun, peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap bisa mendapat layanan kesehatan seperti biasa.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Sri Mugirahayu, peserta JKN-KIS bisa mendapat pelayanan kesehatan di luar kota atau di manapun tempat mudiknya saat Lebaran Idul Fitri mendatang.

"Termasuk di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut," kata Sri Mugirahayu, Senin (4/6/2018).

Hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan.

Kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

"FKTP yang libur atau tidak bisa melayani harus mengalihkan ke FKTP lainnya. Dan itu menjadi tanggungjawab pihak FKTP," tandasnya.

Sebaliknya, warga dari daerah lain yang sedang mudik ke Sidoarjo juga berhak mendapat pelayanan optimal. Dalam hal ini, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerjasama dengan 158 FKTP.

Itu terdiri dari 31 dokter praktek perorangan, 13 dokter gigi, 26 puskesmas, 63 klinik rawat jalan tingkat pertama, 15 klinik rawat inap tingkat pertama dan 11 klinik TNI/Polri.

Untuk Fasilitas Kesehatan Tinkat Lanjutan, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerjasama dengan 12 Rumah Sakit, yaitu RSUD Sidoarjo, RSI Siti Hajar, RS Siti Khodijah, RUMKITBAN Sidoarjo, RS Bhayangkara Porong, RSU Bunda, RS Citra Medika, RS Anwar Medika, RSU HM Mawardhi, RS Aisyiyah Siti Fatimah, RS Mitra Keluarga Waru dan RS Mitra Sehat Mandiri.

Menjelang musim mudik lebaran kali ini, BPJS Kesehatan juga baru saja meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Halaman
123
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help