citizen reporter

Kreatif, Abon dari Kulit Pisang

Daging kulitnya dikeruk. Bagian putih yang dikeruk dari kulit pisang itu selanjutnya ditumis bersama dengan bumbu-bumbu.

Kreatif, Abon dari Kulit Pisang
pixabay.com

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki lahan yang cukup baik untuk ditumbuhi tanaman pisang. Dengan adanya banyak pohon pisang, hal ini menginspirasi masyarakat Tulungagung untuk membuka usaha berbahan dasar pisang.

Itu seperti yang dilakukan Wontinah, ibu rumah tangga yang membuka usaha rumahan pengolahan pisang. Lokasi usaha itu di Kecamatan Kauman. Ada lagi usaha rumahan yang dikelola Mahmudah yang berlokasi di Kecamatan Boyolangu.

Kedua usaha itu memproduki keripik pisang sejak delapan tahun lalu. Namun, mereka hanya menggunakan buah pisangnya dan tidak memanfaatkan kulit pisangnya. Jika dimanfaatkan, kulit pisang juga dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya.

Jenis pisang yang digunakan di kedua usaha rumahan ini adalah pisang byar, begitu warga Tulungagung menyebutnya. Setelah diuji, kulit pisang memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Melihat kondisi itu, lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IKIP Budi Utomo Malang bekerja sama dengan Direktorat Riset Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti melakukan Program Kemitraan Masyarakat Pendampingan Usaha AKuPi (Abon Kulit Pisang). Itu sebagai keterampilan wirausaha warga Kabupaten Tulungagung.

Program itu dilaksanakan sejak Februari 2018. Terdapat berbagai kegiatan yang telah dilakukan, di antaranya sosialisasi dan pelatihan mengenai pembuatan abon kulit pisang.

Proses pembuatan abon kulit pisang diawali dengan mencuci bersih kulit, kemudian dikukus. Setelah itu, diambil daging kulitnya dengan cara dikeruk menggunakan pengeruk buah. Bagian putih yang dikeruk dari kulit pisang itu selanjutnya ditumis bersama dengan bumbu-bumbu alami khas Indonesia. Supaya bumbu menyatu, ditambah sedikit air.

Campuran itu dimasak hingga air menyusut dan sudah menjadi abon setengah matang. Di wadah terpisah, abon ditumis dengan minyak. Selama penumisan, abon diaduk-aduk sampai matang dan tidak gosong.

Setelah didinginkan dan ditiriskan dari minyak, abon siap dihidangkan. Mengingat abon disukai banyak kalangan, maka abon kulit pisang juga memiliki peluang untuk dijadikan usaha.

Siti Napfiah
IKIP Budi Utomo Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help