Ramadan 1439 H

Al-Qur'an Tulisan Tangan Terbesar di Dunia akan Lahir dari Lamongan, Tinta dan Kertasnya Impor

Mushaf Al-Qur'an raksasa dan terbesar di dunia bakal muncul dari Kota Soto Lamongan Jawa Timur.

Al-Qur'an Tulisan Tangan Terbesar di Dunia akan Lahir dari Lamongan, Tinta dan Kertasnya Impor
surya/hanif manshuri
Seorang wanita mengamati Al-Qur'an raksasa karya Rusdi, pengasuh Ponpes Yayasan Nurul Iman Pesantren Al-Qur'an Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, Lamongan. 

SURYA.co.id |  LAMONGAN - Mushaf Al-Qur'an raksasa dan terbesar di dunia bakal muncul dari Kota Soto Lamongan Jawa Timur.

Bahkan untuk kepentingan ini, kertas diimpor dari Perancis dan tinta dari Jerman. Memakan waktu dua tahun untuk menyelesaikan Al quran yang ditulis tangan ini.

Ukurannya, 240 x 155 x 18 cm. Kini, melalui jari dan tangan terampil seorang ustadz bernama Rusdi Aliuddin tinggal finishing saja.

Mushaf Al Qur`an yang dibuat Rusdi, pengasuh Ponpes Yayasan Nurul Iman Pesantren Al-Qur'an di Desa Sidorejo, Kecamatan Deket ini memiliki panjang 240 cm dengan lebar 155 cm dengan berat sekitar 4 kwintal. Ukuran huruf yang ada pada Al-Qur'an ini, tinggi sekitar 7 cm.

"Yang kita pakai kertas canson yang diimpor dari Perancis, dan tinta dari Jerman," ungkap Rusdi.

Untuk menyelesaikan mushaf, membutuhkan sebanyak 400 botol tinta.

Semua dikerjakan secara manual, termasuk goresan menggoreskan tinta di lembar kertas menggunakan alat tulis kaligrafi dan juga dengan ranting bambu (carang, red) yang dibentuk khusus.

Rusdi tak menemui kendala apapun selama mengarahkan Al quran raksasa ini. Hanya karena usia sang penulis yang terkadang lupa.

Terkait keabsahan dan kebenaran penulisan ayat dan surat, menurut Rusdi yang ditemui Tribunjatim.com, menjamin tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, praktik penulisan atau pembuatannya berbekal Al-Qur'an yang sudah ada yang kemudian ditulis ulang di kertas berukuran besar ini.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved