Citizen Reporter

Ini Toleransi di Pantai Gua China

Jika ingin menggunakan air untuk mandi, mereka harus membayar. Akan tetapi, jika untuk wudu, mereka tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Ini Toleransi di Pantai Gua China
ist

Pantai Gua China merupakan sebuah pantai yang terletak di wilayah Malang Selatan. Pantai ini tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pengunjung Pantai Gua China disebut sebagai destinasi wisata yang digemari bukan hanya bagi wisatawan lokal melainkan juga wisatawan asing.

Pantai itu banyak digemari oleh para wisatawan karena berbagai faktor. Para wisatawan terutama yang belum pernah berkunjung, penasaran akan nama Gua China. Tempat itu menurut masyarakat sekitar merupakan gua yang pernah ditinggali oleh seorang pertapa dari Tiongkok pada 1930.

Pantainya menyajikan pemandangan indah dengan batu-batu besar yang ada di tengah-tengah laut. Selain itu, di Pantai Gua China wisatawan bisa menikmati sunset.

Pantai Gua China cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama teman dan keluarga, bahkan cocok untuk digunakan sebagai tempat berkemah. Fasilitas untuk berkemah bisa dibilang lengkap karena telah banyak warung-warung dan kamar mandi sehingga para pengunjung tidak perlu bingung bila ingin makan dan mandi.

Di balik keindahan pantai dengan segala mitos dan fasilitasnya, ternyata di sana menyimpan nilai-nilai toleransi beragama. Desa Sitiarjo yang merupakan lokasi tempat Pantai Gua China berada adalah desa yang penduduknya mayoritas beragama Kristen.

Akan tetapi, masyarakat Sitiarjo yang banyak memiliki warung-warung di sekitar pantai menyediakan tempat salat bagi wisatawan yang beragama Islam. Warung-warung ini hampir semuanya memiliki musala.

Jika wisatawan ingin menggunakan air untuk mandi atau membersihkan diri, mereka harus membayar Rp 3.000- Rp 5.000. Akan tetapi, jika wisatawan ingin menggunakan air untuk wudu, mereka tidak akan dikenakan biaya sedikit pun alias gratis.

Ada juga musala bernuansa Tiongkok yang berada di dekat pintu masuk pantai. Hal ini menandakan bahwa terdapat suatu nilai toleransi di antara sesama umat beragama di balik indahnya wisata Pantai Gua China di Malang Selatan.

Mochammad Rizqi Fauzi
Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help