Berita Jember

Warung Kasih WKRI Jember, Wujud Nyata Kerukunan Umat Beragama, Tercetus Karena Ini

Cukup dengan Rp 2.500, hidangan berbuka puasa lengkap plus minuman, masyarakat dapat menikmati sajian berbuka.

Warung Kasih WKRI Jember, Wujud Nyata Kerukunan Umat Beragama, Tercetus Karena Ini
surya/erwin wicaksono
Antusiasme keramaian ketika berbuka di Warung Kasih Kamis (31/5/2018), terlihat anggota WKRI Jember sibuk melayani masyarakat yang hendak berbuka puasa. 

SURYA.co.id I JEMBER - Menebar kasih kepada sesama adalah hal mutlak yang harus diberikan manusia kepada sesamanya. Begitulah filosofi yang diusung oleh Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Jember.

Anggota WKRI Jember ini mengadakan kegiatan bakti sosial berupa membuka Warung Kasih (Warsih) selama bulan Ramadan, dengan menyediakan sajian murah-meriah bagi umat muslim yang hendak berbuka puasa.

"Kegiatan ini sudah kami rintis sejak 14 tahun lalu. Berawal dari kami bertanya kepada seorang tukang becak apakah ia sudah berbuka puasa atau belum. Tukang becak itu lantas menjawab belum, dan di situlah hati kami terpanggil dan membuat Warsih untuk menyediakan sajian bagi saudara kita yang belum berbuka," kenang Antonia Sukarmin salah satu pencetus Warsih di WKRI Cabang Jember kepada Surya.co.id, Kamis (31/5/2018).

Warsih setiap harinya menyediakan 200 porsi untuk saudara muslim yang kurang berpenghasilan seperti tukang becak, pengamen, tuna wisma, pedagang asongan dll.

Cukup dengan Rp 2.500, hidangan berbuka puasa lengkap dengan nasi, lauk dan segelas minuman, masyarakat dapat menikmati sajian berbuka.

"Awalnya kami gratiskan. Tapi kami menghargai mereka yang sudah bekerja seharian jadi kami beri dengan harga yang sangat terjangkau untuk satu porsinya cuma Rp 2.500," ujarnya.

Sejumlah masyarakat dari berbagai pekerjaan dan agama juga dapat turut berpartisipasi dengan menyumbang mulai dari uang, bahan makanan, hingga makanan siap saji, bagi Warung Kasih.

Pihak penyelenggara juga menggandeng beberapa pelajar SMP dan SMA untuk membantu mereka melayani warga yang datang.

"Kami membuka pintu bagi masyarakat siapa saja untuk dapat menyumbang di Warung Kasih, kami akan sangat berterima kasih," ajaknya

Sukirman salah satu tukang becak yang biasa mangkal di dekat Rumah Sakit Panti Siwi Jember, mengaku senang dengan adanya Warsih. Ia dapat menyantap hidangan berbuka dengan harga yang terjangkau.

"Membantu sekali, alhamdulillah sangat murah jadi saya bisa berbuka puasa," katanya.

Warung Kasih berlokasi di halaman Rumah Sakit Panti Siwi di Jl. Kartini Jember. Warung tersebut buka setiap Senin hingga Kamis selama bulan Ramadan.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help