Berita Banyuwangi

Musim Mudik Lebaran, Banyuwangi Siapkan Pelayanan Ekstra Urus Dokumen Kependudukan

Menghadapi musim mudik lebaran, pemkab Banyuwangi telah menyiagakan sejumlah pelayanan publik bagi para perantau yang mudik ke banyuwangi.

Musim Mudik Lebaran, Banyuwangi Siapkan Pelayanan Ekstra Urus Dokumen Kependudukan
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas (kiri) saat memantau layanan di Kantor Dispendukcapil, Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Menghadapi musim mudik lebaran, pemkab Banyuwangi telah menyiagakan sejumlah pelayanan publik bagi para perantau. Salah satunya, menyiapkan layanan tambahan untuk pengurusan surat administrasi kependudukan (adminduk).

Momen pulang kampung saat libur Lebaran, biasanya digunakan para perantau sekaligus untuk mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan. Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, mulai menambah jam pelayanan hingga persiapan penambahan blangko kartu tanda penduduk elektronik.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, usai libur lebaran biasanya terjadi lonjakan pengurusan adminduk oleh warga Banyuwangi yang tinggal di luar kota, terutama kartu tanda penduduk elektronik (ktp-el).

Oleh karena itu, lanjut Anas, pihaknya telah mengajukan penambahan blanko ktp-el sebanyak 76 ribu lembar pada Kementerian Dalam Negeri (kemendagri). Ini dilakukan untuk memastikan stok blanko tersedia saat terjadi peningkatan pemohon ktp-el.

“Minggu ini kami sudah mendapat kiriman 30.000 lembar. Meski jumlahnya lebih sedikit dari yang kita minta, tapi diperkirakan cukup hingga usai lebaran nanti. Dari jumlah yang 30 ribu itu, rencananya yang 20 ribu untuk pemohon saat musim Lebaran. Sisanya, yang 10 ribu lembar untuk rutin,” terang Anas, Jumat (1/6).

Selain itu, untuk mengantisipasi membludaknya pemohon, pihaknya telah meminta Dispendukcapil membuka layanan tambahan di Hari Sabtu dan Minggu. Ini khusus untuk melayani perekaman dan pencetakan ktp-el di Kantor Dispendukcapil.

“Layanan ini sudah dimulai sejak awal puasa hingga usai libur lebaran nanti. Sehingga, masyarakat yang belum sempat mengurus KTP di hari kerja bisa mengurusnya pada Sabtu dan Minggu, pukul 08.00-13.00 WIB,” terang Anas.

Bahkan, jam pelayanan di Kantor Dispendukcapil saat hari kerja juga diperpanjang hingga satu jam di luar jam kerja resmi, yakni hingga pukul 16.30

“Kami juga mengintensifkan layanan mobil operasional yang stand by setiap hari kerja di halaman kantor Dispendukcapil. Jadi selain bisa melakukan perekaman dan pencetakan di kantor, warga juga bisa memanfaatkan mobil operasional ini,” kata Anas.

Kepala Dispendukcapil Banyuwangi Djafri Yusuf juga mengimbau warga untuk bisa memaksimalkan pelayanan cetak KTP elektronik di enam kecamatan yang ada. Sekedar diketahui, ada enam kecamatan di Banywuangi yang telah bisa melakukan perekaman dan pencetakan KTP, yakni Kecamatan Kalibaru, Genteng, Sempu, Muncar, Siliragung, dan Wongsorejo.

“Silakan datang ke kecamatan yang terdekat, bisa lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan permohonan adminduk usai lebaran, khususnya ktp-el, Djafri mengimbau agar warga yang tetap berdomisili di Banyuwangi segera mengurusnya sebelum libur tiba.

“Supaya tidak antre panjang, saya imbau agar warga yang memang perlu mengurus adminduk segera mengurusnya sebelum libur lebaran,” pintanya.

Djafri menjelaskan, pengurusan ktp el ini bisa selesai dalam waktu singkat. “Jika seluruh persyaratannya lengkap dan jaringan internetnya bagus, KTP-el bisa segera dicetak,” tambahnya. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help