Ramadan 1439 H

Masjid Serang Jl Panggung Surabaya, Bergaya Arsitektur Yaman, Imamnya pun Tak boleh Sembarang Orang

Masjid Serang berlokasi di jalan Panggung Surabaya ini salah satu tempat ibadah umat islam tertua di Surabaya.

Masjid Serang Jl Panggung Surabaya, Bergaya Arsitektur Yaman, Imamnya pun Tak boleh Sembarang Orang
surya/danendra kusumawardana
Masjid Serang Jl Panggung Surabaya bergaya arsitektur Masjid Al Muhdor di Tarim, Yaman. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masjid Serang berlokasi  di jalan Panggung Surabaya ini salah satu tempat ibadah umat islam tertua di Surabaya. Masjid ini dibangun 15 abad silam oleh Syekh Ibrahim.

Bangunan Masjid Serang bergaya arsitektur Yaman dengan dua menara menjulang tinggi di kedua sisinya. Langit-langit Masjid berkubah hijau ini terbuat dari kayu jati yang kokoh. Selain itu, di dalam masjid terdapat kaligrafi dari ukiran kayu yang mengitari.

"Arsitektur Masjid Serang dipengaruhi oleh Masjid Al Muhdor  di Tarim, Yaman. Yang paling kentara adalah di bagian menaranya memiliki bilik-bilik jendela memenuhi setiap sisi mirip Masjid Al Muhdor," ujar Mahdi Kresan Al-Hadad pengurus Masjid keturunan ke-enam.

Mahdi menuturkan, masyarakat yang berada di daerah sekitaran Ampel sebagian adalah keturunan Yaman. Suasana daerah dekat dengan Masjid Serang dari Jalan Panggung dan Jalan Sasak mirip di negara Yaman

"Makanya pakaian adat masyarakat sini mirip orang Yaman. Dengan ciri khas sarung dan jubah panjang berkancing seperti kemeja. Masjid Serang pun dibangun mirip masjid Yaman. Kulinernya pun khas Yaman," terangnya.

Masjid Serang tidak hanya dikunjungi masyarakat Surabaya. Ulama terkenal dari Yaman, ucap Mahdi, adalah  Habib Umar Hafidz pernah singgah di Masjid Serang.

"Kalau tokoh-tokoh Indonesia yang pernah datang kesini adalah Habib Rizieq Shihab dan Anies Baswedan," terangnya.

Masjid Serang saat bulan Ramadan dipadati jemaah untuk beribadah. Pengurus Masjid juga mengadakan berbagai acara seperti khataman Al-Qur'an pada malam 27 Ramdan.

"Setiap khataman Al-Qur'an masjid akan dipenuhi umat muslim sampai meluber ke jalan," katanya.

Salat Tarawih di Masjid Serang disebut Mahdi bahkan mengikuti tata cara masyarakat Tarim Yaman. Seperti setiap Kamis, setelah Tarawih dilanjut salat Tasbih.

"Di Masjid Serang Sholat Tarawihnya 20 rakaat. Sebelum sholat Isya dan Tarawih berdzikir Ratibul Haddad," ungkapnya.

Bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi imam di Masjid Serang. Mahdi menjelaskan seseorang harus belajar ilmu agama di Rubath dan Darul Musthofa, Tarim, Hadramaut, Yaman untuk menjadi iman di masjid tersebut.

"Tidak sembarangan orangnya, yang menjadi imam Masjid Serang adalah lulusuan Rubath dan Darul Musthofa," tandasnya. 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved