Citizen Reporter

FLP Surabaya Berkabar

Setiap selesai membaca dua paragraf, tulisan dikoreksi bersama. Semua yang hadir bebas memberikan pendapat dan koreksinya.

FLP Surabaya Berkabar
ist

Ada banyak cara orang menunggu saatnya tiba berbuka puasa. Kegiatan yang biasa disebut ngabuburit itu menjadi agenda istimewa di setiap Ramadan. Mulai dari sekadar jalan-jalan, berburu makanan atau diisi dengan berbagai kegiatan. Tentunya akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama.

Forum Lingkar Pena (FLP) Surabaya pun selalu memiliki agenda ngabuburit yang dilanjut dengan buka bersama. Tentunya ngabuburit itu istimewa dan tidak biasa.

Ngabuburit tahun ini bertajuk Berkabar yang merupakan singkatan dari Bedah Karya dan Buka Bareng. Kegiatan Berkabar yang bertempat di Taman Bungkul ini berlangsung Selasa, (29/5/2018).

Berkabar terdiri atas kegiatan bedah karya dari anggota FLP Surabaya dan dilanjut buka bareng. Acara dimulai sekitar pukul 15.30. Diawali dengan pembacaan Surat Al Fatihah lalu diteruskan dengan pembacaan ayat suci Alquran surat Ar Ruum. Setiap peserta membaca tiga ayat secara estafet.

Bedah karya kali itu terdiri atas satu cerpen dan satu artikel. Kedua karya dibahas bersama dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Sekali lagi, setiap orang kebagian giliran membaca. Satu orang membaca satu sampai dua paragraf dengan bergantian.

Setiap selesai membaca dua paragraf, lalu tulisan dikoreksi bersama. Semua yang hadir bebas memberikan pendapat dan koreksinya. Semua yang hadir wajib berpartisipasi dan yang pasti dengan ikut Berkabar semua peserta jadi ikut belajar.

Saat azan berkumandang, berbagai takjil yang dibawa kemudian dibagi dan dimakan bersama untuk membatalkan puasa. Salat berjemaah di kompleks makam Sunan Bungkul menjadi agenda berikutnya.

Kompleks makam yang ada di tengah kota itu tampak ramai dan penuh sehingga harus bergiliran. Pemandangan itu mungkin tidak selalu ada di hari-hari biasa.

Setelah itu, para FLP-ers makan bersama. Acara Berkabar ini dihadiri sekitar tiga puluh anggota FLP Surabaya mulai angkatan 2012 sampai angkatan 2017.

Bagi beberapa anggota yang tidak bisa selalu hadir di setiap kelas FLP, dengan mengikuti kegiatan Berkabar ini tentunya seperti menyalakan api semangat untuk menulis. Kegiatan Berkabar bertujuan menjadi ajang reuni, mempererat tali silaturahmi, belajar bersama, dan saling memotivasi untuk terus menebar kebaikan lewat tulisan.

Nur Hayati
Petugas Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo
Anggota FLP Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved