Berita Banyuwangi

Buka Puasa Bersama Warga, Bupati Banyuwangi Doakan Proklamator RI Soekarno

Bupati Banyuwangi berbuka puasa bersama dengan warga desa dan fakir miskin. Dalam kesempatan itu dia mengajak warga mendoakan Ir Soekarno

Buka Puasa Bersama Warga, Bupati Banyuwangi Doakan Proklamator RI Soekarno
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat berbuka puasa bersama warga, Jumat (1/6/2018) 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Safari Ramadan Bupati BanyuwangiAbdullah Azwar Anas terus berlanjut. Pada puasa hari ke-16, Jumat (1/6), Anas menggelar berbuka puasa bersama dengan warga desa, fakir miskin, dan anak-anak yatim di Lingkungan Simberrejo, Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Anas meminta agar semua warga ikut mengaktifkan kegiatan buka bersama ini. Buka bersama ini, menurut Anas, adalah salah satu cara berbagi kebahagiaan dengan orang yang kurang mampu.

"Dengan kita berbagi ini, semoga kita dapat pahala. Siapa tahu, dengan kita ikhlas menggelar dan hadir di safari ramadhan ini justru mendapatkan pahala besar," jelas Anas.

Anas juga memuji kebersihan lingkungan setempat. "Lingkungannya di sini bersih dan nyaman. Semoga ini pertanda kehidupan masyarakat di sini juga guyub," puji Anas.

Di akhir acara, Anas mengajak semua warga untuk bersama-sama mendoakan proklamator RI, Ir. Soekarno. Mengingat hari ini, 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila.

"IR Soekarno adalah pendiri bangsa sekaligus penggali Pancasila dari bumi Indonesia. Mari kita doakan arwah beliau, Bung Karno dan para pahlawan lainnya yang telah membangun negara ini dan berhasil menyatukan kebhinnekaan bangsa Indonesia ini," kata Anas.

Pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menjadi tonggak sejarah lahirnya dasar negara Indonesia. Pada sidang yang dipimpin oleh Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat itu, Soekarno berapi-api mengupas falsafah dasar negara Indonesia.

"Untuk itu mari kita jaga terus warisan ide brilian Pancasila ini, kita teladani nilai-nilai di dalamnya. Selain itu, kita jaga juga semangat gotong royong dalam kehidupan. Sesuai amanat Presiden Jokowi untuk menjadikan Pancasila sebagi sendi kehidupan dan mengembangkan semangat gotong royong," pungkas Anas. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help