Berita Malang Raya

3 Lutung Jawa yang Dirawat di Bandung akan Dilepasliarkan ke Malang, Diangkut Pakai Kereta Api

Tiga ekor lutung Jawa yang dirawat di Bandung akan dilepasliarkan ke Malang. Mereka diangkut pakai kereta api

3 Lutung Jawa yang Dirawat di Bandung akan Dilepasliarkan ke Malang, Diangkut Pakai Kereta Api
kompas.com/agie permadi
Lutung Jawa yang bernama Baum (7), tengah mencengkram kawat pada lubang udara kotak transportasi. Ketiga lutung yang sempat dititip rawatkan di The Aspinal Foundation, pusat rehabilitasi Primata Jawa di Patuha, kini akan di kirim ke Malang untuk kemudian dilepasliarkan di kawasan hutan lindung Kondang Merak, Malang Selatan. 

SURYA.co.id | BANDUNG - Tiga ekor lutung Jawa dari Pusat Rehabilitasi Primata Jawa di Patuha, Bandung menuju Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa di Cobantalun, Batu-Malang, Jawa Timur.

Tiga ekor lutung Jawa (Trachypithecus Auratus) bernama Baum, Asti dan itu diberangkatkan dari Stasiun Bandung, Kamis (31/5/2018) pukul 15.30 WIB dan sampai di Malang, Jumat (1/6/2018) pukul 07.45 WIB.

Ketiga lutung itu berada dalam tiga kotak terbuat dari kayu dengan sejumlah lubang udara di sekitarnya.

Terlihat lutung-lutung itu tengah makan-makanan yang telah diberikan keeper the Aspinal Foundation.

Lutung itu terlihat tenang sambil mengintip kondisi atmosfer sekitar stasiun Bandung tempat pengiriman barang.

Country Director, The Aspinal Foundation Made Wedana mengatakan, Lutung Jawa ini merupakan salah satu jenis primata endemik Pulau Jawa yang dilindungi undang– undang pemerintah Indonesia.

Secara internasional, lutung Jawa telah dikategorikan terancam (Vurnerable) oleh lembaga konservasi dunia IUCN sejak tahun 2008.

CITES juga memasukan spesies ini dalam Apendiks II.

Lutung Jawa atau lutung budeng terdiri atas dua sub spesies yaitu Trachypithecus auratus auratus yang biasa ditemukan di Jawa Timur dan Trachyoithecus auratus mauritius yang habitatnya di hutan Jawa Barat dan Banten.

"Perbedaannya terletak pada penampakan rambut pada lutung jawa timur yang memiliki warna hitam dan sedikit silver dipenghujung dan ada pula yang warna orange sedangkan Lutung Jabar berwarna hitam," katanya.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help