Sambang Kampung Wonokitri

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Wonokitri Bentuk Kelompok Karawitan dan Jaranan

Mendapat julukan sebagai kampung kreatif, warga Wonokotri Gang 1 terus berkreasi.

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Wonokitri Bentuk Kelompok Karawitan dan Jaranan
www
kesenian jaranan 

Surya.co.id, SURABAYA -  Mendapat  julukan sebagai kampung kreatif, warga Wonokotri Gang 1 terus berkreasi. Salah satunya dengan membentuk kelompok karawitan yang sebagian anggotanya adalah ibu-ibu PKK.

Salah satu anggota yang sekaligus menjabat sebagai bu RT Endang SW mengatakan, kelompok karawitan rutin mengadakan latihan satu minggu sekali. "Yang melatih karawitan pak Narko warga RT 6. Kalau ada lomba latihannya bisa setiap hari," katanya.

Ia melanjutkan, jika mendekati hari perlombaan, tim atau kelompok karawitan akan berlatih hingga larut malam. "Kami biasanya mulai latihan jam 7 malam kalau mendekati lomba bisa selesai jam 12 malam. Tidak terasa sampai bapak-bapak menegur 'gak kurang bengi ta latihane'," ucapnya seraya tertawa.

Minarni salah satu anggota yang memegang alat musik kendang mengungkapkan alasan mengikuti kegiatan latihan karawitan, karena ingin memanfaatkan waktu luang di akhir pekan. "Suara yang dihasilkan dari alat musik gamelan membuat hati tenang," ungkapnya.

Minarni melanjutkan, selain itu berkumpul dengan teman-teman lain saat latihan membuat dirinya senang. "Karawitan bisa mengguyubkan warga," paparnya.

Warga lain bernama, Kasijati mengatakan, setiap latihan kelompok karawitan RW 2 akan membuat aransemen lagu daerah. Sebelum membuat aransemen para anggota terlebih dahulu rembukan untuk menentukan konsepnya. "Semisal lagu rek ayo rek di aransemen liriknya sesuai dengan lomba yang di ikuti. Bisa untuk yel-yel juga," katanya.

Selain itu, Kasijati melanjutkan, tujuan warga Wonokotri gang 1 membuat kelompok karawitan adalah untuk melestarikan budaya Jawa Timur. "Kami yang mengiringi lewat karawitan para pemuda-pemudi yang menari jaranan," pungkasnya. (Nen)

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help