Berita Banyuwangi

Komisi V DPR RI ke Banyuwangi,Tinjau Kesiapan Transportasi Arus Mudik Lebaran

Rombongan anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu (30/5/2018).

Komisi V DPR RI ke Banyuwangi,Tinjau Kesiapan Transportasi Arus Mudik Lebaran
surya/haorrahman
 Komisi V DPR RI mengunjungi Banyuwangi untuk melihat kesiapan arus mudik lebaran. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI- Rombongan anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu (30/5/2018).

Komisi V yang membidangi urusan transportasi ini khusus untuk meninjau persiapan sarana prasarana transportasi arus mudik lebaran 2018.

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V, Sigit Sosiantomo, meninjau beberapa tempat seperti Bandara Banyuwangi, Pelabuhan Ketapang, dan Stasiun Kereta Api Banyuwangi Baru.

Sebelumnya beberapa saat selepas mendarat di Bandara Banyuwangi, mereka sempat mengikuti paparan terkait kesiapan masing-masing pihak, dengan didampingi Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

“Kami mengecek kesiapan bandara, pelabuhan, stasiun dan beberapa tempat lainnya terkait momen tahunan mudik lebaran tahun 2018. Kami ingin memastikan saat peak performance-nya pada tanggal 11 – 14 Juni nanti, semuanya berjalan optimal,” terang Wakil Ketua Komisi V, Sigit Sosiantomo.

Saat berada di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Sigit dan rombongannya langsung meninjau dermaga Landing Craft Machine (LCM.)

“Kami perlu memastikan bagaimana kesiapan pelabuhan menangani penumpang. Tak hanya di Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk, tapi juga Merak – Bakauheuni, karena dua-duanya merupakan pelabuhan yang paling banyak menerima limpahan penumpang saat arus mudik. Disini sudah cukup baik, tapi tentu harus selalu ada perbaikan untuk meningkatkan layanan kita kepada masyarakat,” kata Sigit.

Sigit berharap, penanganan dan pelayanan penumpang semakin kesini semakin baik sehingga dalam melayani masyarakat, naik kelas dari tahun ke tahun.

"Kita bangga karena angkutan udara kita sudah mendapat pengakuan internasional, peringkatnya naik 94 poin. Ini perlu diikuti moda transportasi lainnya seperti kapal ferry dan kereta api,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, para pihak yang menemui rombongan Komisi V ini memaparkan kesiapan mereka. Di antaranya pihak Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Banyuwangi .

AP II menyiapkan kekuatan penuh dengan 7 pesawat take off-landing dengan rute dua kali penerbangan Banyuwangi – Surabaya PP dengan maskapai Garuda dan satu kali dengan rute yang sama menggunakan maskapai Wings Air, sedangkan untuk rute Banyuwangi – Jakarta PP, tiga maskapai telah siap.

Yakni Nam Air yang melayani penerbangan dua kali sehari, serta Garuda dan Citilink yang masing-masing sekali sehari.

Pihak bandara menyiagakan timnya dengan total personil 122 orang untuk menjamin kenyamanan mudik lebaran.

Di Pelabuhan Ketapang, terdapat 32 kapal ferry yang melayani penyeberangan ke Gilimanuk dan sebaliknya. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help