Berita Jember

Menengok Kehidupan Ramadan Mahasiswa Muslim Thailand di Jember, Begini Kesannya

Jauh dari kampung halaman dan orangtua, menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiwa muslim Thailand di kampus-kampus di Jember

Menengok Kehidupan Ramadan Mahasiswa Muslim Thailand di Jember, Begini Kesannya
surya/erwin wicaksono
Kegiatan rutin Ramadhan yang dilakukan mahasiswa Thailand di IAIN Jember, terlihat mereka sedang melaksanakan mengaji bersama serta mendengarkan kajian sore, Jumat (25/5/2018). 

SURYA.co.id I JEMBER - Jauh dari kampung halaman dan orangtua, menjadi tantangan tersendiri bagi sekelompok mahasiwa muslim Thailand jalani ibadah bulan suci Ramadan di perantauan. 

Perbedaan budaya, makanan, serta bahasa menjadi hal yang harus dibiasakan oleh mahasiswa muslim Thailand yang keseleruhan berjumlah 50 lebih ini.

Mereka saat ini sedang menempuh studi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Para mahasiswa tersebut berasal dari empat provinsi di Thailand, yakni Songkhla, Pattani, Jala, dan Naratiwak.

Mahasiswa asal Thailand ini selain di IAIN Jember, mereka juga ada yang menempuh studi di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Islam Jember (UIJ), Universitas Jember (Unej), dan Universitas Muhammadiyah Jember

Nasron, salah satu mahasiswa asal Thailand yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini mengungkapkan pengalaman dan kesannya ketika berpuasa di Indonsia.

Soal makanan menurutnya berbeda sekali dengan di Thailand.

“Menunya ya nasi sama lauk itu saja. Beda kalau di Thailand, pilihannya lebih banyak," terangnya saat mengikuti kegiatan keagaaman rutin di Kampus katanya, Jumat (25/5/2018) sore.

Selain menu yang kurang menurutnya kurang variatif. Cita rasa yang berbeda membuat ia belum terbiasa makan masakan Indonesia.

"Beda makanan di sini, cenderung ada yang pedas dan manis. Kalau di Thailand lebih gurih kayak Tomyam itu, sempat aneh tapi ya harus makan," ujarnya sambil tertawa.    

Selama Ramadan, ia bersama rekan-rekannya rutin mengaji di masjid IAIN Jember sembari menunggu buka puasa selain itu banyak aktivitas sosial yang dilakukan rekan-rekannya.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help