Berita Jember

Kementan Luncurkan Program BEKERJA bagi Puluhan Ribu Warga Jember, Ini Tujuannya

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meluncurkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) di Jember

Kementan Luncurkan Program BEKERJA bagi Puluhan Ribu Warga Jember, Ini Tujuannya
surya/erwin wicaksono
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat di lokasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) di Dusun Sumber Nangka Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Rabu (23/5/2018) 

SURYA.co.id I JEMBER - Jember masih sangat bergantung pada sektor pertanian untuk menopang perekonomiannya. Data BPS 2017 memverifikasi hal itu dengan menyebut sektor pertanian menyumbang 30,25 terhadap PRDB atau Produk Domestik Bruto.

Untuk itu, sektor pertanian harus memiliki pertumbuhan jauh lebih baik, karena mempunyai kontribusi sangat besar terhadap ekonomi di masyarakat. Terlebih mengingat sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kemensos dan BKKBN, sebanyak 295.291 rumah tangga di Jember masuk kategori prasejahtera atau Rumah Tangga Miskin (RTM).

Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, jumlah masyarakat miskin yang tertinggi yakni di Kabupaten Jember dan urutan kedua ditempati Kabupaten Bondowoso.

RTM yang bergerak di bidang pertanian sebanyak 140.544, yaitu 48% dari total rumah tangga prasejahtera yang tersebar di 3 kecamatan dan 30 desa.

Melihat jumlah masyarakat miskin yang begitu tinggi di Jember, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meluncurkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) di Dusun Sumber Nangka Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Rabu (23/5/2018)

Kabupaten Jember menjadi lokasi kelima sasaran Program BEKERJA setelah Kabupaten Cianjur, Magetan, Purbalingga dan Bondowoso.

Amran menilai upaya pemerintah Kabupaten Jember untuk mengentaskan kemiskinan di wilayahnya cukup baik, namun perlu upaya lanjutan untuk mendorong agar angka kemiskinan berkurang.

Amran berharap melalui kolaborasi dengan program BEKERJA Kementan, akan ada kebangkitan ekonomi di level masyarakat prasejahtera yang berkelanjutan.

Amran menyadari Jember punya potensi baik dalam pertanian, tanah yang subur, air yang berlimpah dan jadi berkah tersendiri yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Halaman
123
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help