Berita Jember

Jember Akan Bangun 3 Dermaga Tahun 2019

Mulai 2019, Kabupaten Jember akan membangun tiga Dermaga di kawasan pesisir pantai selatan. Salah satunya di Pantai Puger.

Jember Akan Bangun 3 Dermaga Tahun 2019
surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Bupati Jember, Faida 

SURYA.co.id | JEMBER -  Mulai 2019, Kabupaten Jember akan membangun tiga Dermaga di kawasan pesisir pantai selatan. Salah satunya di Pantai Puger.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jember, Faida, di depan ratusan nelayan pesisir yang hadir dalam sosialisasi keselamatan pelayaran, Selasa (22/5/2018).

“Kabupaten Jember akan segera membangun tiga Dermaga termasuk di Puger, mulai tahun depan awal 2019. Dermaga ini berfungsi untuk angkutan penumpang, barang maupun untuk wisata, untuk itu kami sampaikan jauh-jauh hari kepada nelayan, kita gelar sosialiasi supaya mereka tahu berlayar yang aman” kata Faida usai memberi pengarahan kepada nelayan di balai Kecamatan Puger, Selasa siang (22/5/2018)

Faida memastikan, ke depan nelayan sudah tidak perlu lagi khawatir soal penyimpanan ikan karena di Puger sudah memiliki cold storage atau tempat pendingin ikan dengan kapasitas hingga puluhan ton.

Selain itu, Pemkab Jember bersama Kementerian Perikanan juga bakal merealisasikan potensi wisata bahari dengan kuliner khas ikan laut.

“Nelayan gak perlu khawatir simpan ikannya, kita sediakan cold storage, Puger juga akan ada wisata pesisir, wisata bahari kuliner khusus ikan laut kerjasama dengan Kementerian Perikanan. Jadi kita harus siapkan diri, ini perlunya membangun SDM dan membangun Jember.

 Selain pengarahan, hari ini terdapat pengurusan Adminduk oleh Dispendukcapil, Pasar Murah Ramadan yang disediakan oleh Disperindag dan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran oleh Dishub.

Bupati Faida juga memberikan asuransi nelayan bagi yang telah mengalami kecelakaan, serta pembagian paket sembako bagi nelayan yang tidak mampu.

Kepada ratusan nelayan, dia juga meyakinkan tidak ada pungli dalam mengurus administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan lainnya.

“Silahkan laporkan pada Camat dan Bupati kalau ada tarikan uang transport dan lainnya. Sudah ada juga pendopo ekspress yang antar ke rumah penduduk langsung, ada 45 ribu yang akan didistribusi, sudah ada 20 ribu yang dikirim, dan ada puluhan ribu KTP yang akan dicetak lagi,” ungkapnya.

Selain itu, pihak Dinas Kesehatan juga turun untuk mengecek kesehatan keluarga nelayan.

“Jangan sampai menunggu sakit, jaga keselamatan, selebihnya berdoa. Asuransi nelayan akan terus dilanjutkan. Tolong dibantu nelayan agar semua kesejahteraan bisa dijamin,” ujarnya.

Bupati Faida juga minta pada orang tua nelayan, jangan ada anak nelayan yang sampai putus sekolah.

“Juga ada beasiswa untuk mahasiswa anak nelayan. Janji sama saya, agar anak sampean agar tidak putus sekolah. Ajukan beasiswa ke bupati, ditulisi anaknya nelayan Puger, ajukan beasiswa mahasiswa utk sekolah dimana saja,” pungkasnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help