Berita Kampus

6.485 Calon Mahasiswa Baru Ikuti Tes UMPTKIN di UINSA, 3 Peserta Butuh Pendampingan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Syamsul Huda mengungkapkan jumlah pendaftar di jalur tes PTKIN tahun 2018 mengalami peningkatan.

6.485 Calon Mahasiswa Baru Ikuti Tes UMPTKIN di UINSA, 3 Peserta Butuh Pendampingan
surya/sulvi sofiana
Calon mahasiswa Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) di UIN Sunan Ampel (UINSA), Selasa (22/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Sebanyak 6.485 camaba dari 149.140 camaba nasional akan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) di UIN Sunan Ampel (UINSA), Selasa, (22/5/2018)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Syamsul Huda dalam rapat Pengarahan PJR dan Pengawas mengungkapkan jumlah pendaftaran di jalur tes PTKIN tahun 2018 mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Yaitu lebih dari 20 peren peningkatan terjadi dari 96.000 pendaftar pada tahun 2017 meningkat menjadi 140.000 lebih pada tahun 2018.

Hal ini, menurut Syamsul mengindikasikan PTKIN semakin diminati. Di samping juga, semakin masifnya peralihan status PTKIN.

“Di Jatim, nyaris sudah tidak ada lagi STAIN. Semua telah beralih status menjadi IAIN. IAIN menjadi UIN. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap PTKIN,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa UINSA sebagaimana sebelumnya dalam setiap penerimaan harus menjalani proses seleksi yang ekstra ketat.

Mengingat, dari total pagu yang disediakan sekitar 1.600 kursi, ada 16.000 ribu pendaftar yang mengikuti seleksi.

“Kami tentu berharap, memiliki input dan output yang terbaik. Sehingga proses penjaringan maba pun harus dilakukan dengan baik. UINSA dalam empat tahun terakhir menawarkan beasiswa tahfidz dan bibit unggul untuk menjaring camaba berprestasi,” ujarnya.

Dari 6.173 pendaftar, sebanyak 140 pendaftar akan menjalani tes berbasis komputer, Computer Based Test (CBT) yang berlokasi di Laboratorium terintegrasi UINSA.

Terkait penambahan jumlah pendaftar, UINSA juga telah menambahkan sedikitnya dua lokasi untuk ditempati ujian, yakni gedung Auditorium dan Sport Center and Multipurpose.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved