Kuliner

Cincau, si Hitam Kenyal yang Diburu Tiap Ramadhan. Yuk Lihat Cara Buatnya di Pabriknya Langsung

Cincau hitam adalah salah satu sajian yang cukup diburu tiap kali bulan puasa. Bagaimana cara membuatnya? yuk intip di pusatnya di Madiun.

SURYA.co.id|MADIUN - Puluhan ember plastik berisi cairan kental berwarna hitam tampak berjejer di lantai rumah, Kasih (60) di RT 8/RW 4 Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Senin (21/5/2018) siang.

Seperti tahun sebelumnya, pada bulan puasa tahun ini, pesanan cincau hitam atau janggelan naik tiga kali lipat dibandingkan hari biasanya.

Maklum, cincau hitam atau yang biasa disebut janggelan banyak diburu masyarakat di bulan puasa. Cincau biasanya diolah menjadi minuman atau campuran es buah yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

Selain memiliki rasa yang khas dan nikmat, si hitam kenyal ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ditemui di rumahnya, Kasih tampak sibuk melayani pembeli. Berbeda dengan produsen cincau lain di desanya, selain menjual cincau dalam partai besar, Kasih juga menjual cincau eceran.

"Selain menjual ke pedagang pasar, di sini juga menjual eceran,"kata Kasih saat ditemui di rumahnya.

Kasih menuturkan, Desa Jatisari, Kecamatan Geger memang dikenal sebagai desa pembuat cincau hitam atau janggelan. Di desanya terdapat lima tempat usaha atau produsen cincau, yang masih satu kerabat dengannya.

"Di desa ini ada lima pembuat janggelan. Masih saudara, satu keturunan," kata ibu empat orang anak ini.

Kasih menuturkan, dirinya sudah memproduksi janggelan sejak 25 tahun silam. Usaha yang ditekuninya ini merupakan usaha yang diwariskan ibunya kepadanya.

"Dulu ibu saya juga diwarisi oleh simbah saya, jadi sudah turun temurun,"katanya.

Halaman
123
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved