Bandara Juanda

Terungkap ternyata ini Penyebab Lion Air Terperosok di Ujung Runway Bandara Juanda  

Butuh lebih dari satu jam untuk mengevakuasi pesawat Lion tujuan Denpasar yang terperosok di ujung Runway Bandara Juanda.

Terungkap ternyata ini Penyebab Lion Air Terperosok di Ujung Runway Bandara Juanda   
surya/nuraini faiq
Pesawat Lion Air tujuan Denpasar terperosok di ujung Raunway Bandara Juanda. 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengevakuasi pesawat Lion tujuan Denpasar yang terperosok di ujung Runway Bandara Juanda Surabaya, Minggu (20/6/2018).

Namun, pihak Angkasa Pura 1 Juanda selaku pengelola Bandara Juanda menyebutkan bahwa Lion abai

General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda Heru Prasetyo menuturkan bahwa hasil identifikasi di TKP bahwa terlihat pesawat tidak mengikuti marka kuning guidance sign.

Pesawat yang membawa beban puluhan ton itu melakukan "One Wheel Lock in Runway" pada roda kiri pesawat. Ini terjadi saat pesawat ini manuver di Threshold Runway 10 ( KP terperosok).

Akibatnya aspal Runway terus menahan beban pesawat. Saat itu beban pesawat diperkirakan seberat 75 ton. Beban ini hanya bertumpu pd 1 roda kiri pesawat, sehingga menjadikan aspal ambles.

Sebelumnya, General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda Heru Prasetyo menyebut bahwa posisi Pesawat Lion saat menunggu trafic bandara melebihi marka Runway. Akibatya pesawat itu ambles di ujung aspal bandara.

Kepada surya,co.id Haru menuturkan bahwa saat ini semua Runway Bandara Juanda sedang dalam penguatan dan perbaikan total. "Overlay terus berlangsung," katanya.

Heru menjelaskan kenapa pesawt sarat penumpang itu nyangkut di aspal yang ambles. "Itu karena posisi pesawat telalu di luar marka Runway," kata Heru. 

Apalagi saat itu beban pesawat makin berat karena tidak lagi dalam posisi ketiga roda berjalan bersama. Saat itu ada satu roda yang dijadikan tumpuan untuk mengambil haluan.

Akibatnya beban makin berat sehingga aspal itu sampai ambles. "Kalau masih di dalam marka tentu amblesnya di garis putih," kara Heru.

Meksi nyangkut, kondisi pesawat relatif aman. Begitu juga penumpang semuanya bisa diselamatkan dan dievakuasi ke ruang tunggu bandara. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved